04 March 2022, 19:02 WIB

Perampok Beraksi di Toko Elektronik Gasak Uang Rp140 Juta


Rahmatul Fajri |

SUBDIT 3 Resmob Polda Metro Jaya menangkap perampok yang beraksi di toko elektronik, Jalan Raya Sawangan Pancoran Mas Kota Depok, Jawa Barat. Perampokan tersebut terjadi pada Selasa (1/3) dini hari.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan pelaku yang berjumlah lima orang awalnya masuk ke ruko dan menyekap lima karyawan. Kemudian, pelaku naik ke lantai atas dan mengancam pemilik ruko berinisial FW.

Para pelaku meminta sang pemilik untuk menunjukkan brankas. Korban yang ketakutan lalu menuruti kemauan para pelaku. Lalu, pelaku kemudian menggasak uang sebesar Rp140 juta yang ada di dalam brankas.

Mereka juga mengambil ponsel milik karyawan dan melarikan diri. "Setelah itu mereka melarikan diri dengan kendaraan yang disiapkan dan hasil kejahatan Rp140 juta mereka bagi. Handphone karyawan mereka buang ke sungai agar tidak terlacak," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (4/3).

Zulpan mengatakan kepolisian lalu melakukan penyelidikan dan menangkap lima pelaku di wilayah Jakarta Selatan. Berdasarkan pengakuan para pelaku, "Kapten mendapatkan lebih banyak Rp38 juta, tersangka lain JS Rp35 juta, MS Rp27 juta, RS Rp15 juta, dan WJ Rp15 juta," kata Zulpan.

Baca juga: Keterisian BOR DKI Turun Ke 33%, ICU 42%

Sedangkan sisa uang hasil kejahatan digunakan untuk membeli pakaian, menyewa kendaraan, dan membeli narkoba jenis sabu. Zulpan mengatakan pelaku dalam melancarkan aksi juga berada dalam pengaruh narkoba. Atas perbuatan jahat itu, para pelaku dijerat Pasal 365 KUHP ayat 2 tentang pencurian dengan kekerasan dengan pidana paling lama 12 tahun penjara. (OL-14)

BERITA TERKAIT