24 February 2022, 11:16 WIB

Inggris Tertarik Bangun Proyek MRT Jakarta


Putri Anisa Yuliani |

MENTERI Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan MP mengunjungi MRT Jakarta pada Rabu (23/2). Kunjungan tersebut bertujuan untuk membicarakan kemungkinkan kerja sama kemitraan terkait perdagangan dengan MRT Jakarta, perpanjangan Nota Kesepahaman dengan Crossrail International, penjajakan keikutsertaan Inggris dalam pembangunan koridor MRT fase berikutnya.

Selain itu, pertemuan juga membicarakan tentang keterlibatan Inggris dalam hal perencanaan, desain, teknis, hingga penguatan kapasitas sumber daya manusia MRT Jakarta dalam bidang perkeretaapian berdasarkan pengalaman panjang Inggris terkait industri transportasi, khusus perkeretaapian.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan MP ke MRT Jakarta di sela-sela kunjungan kerja beliau di Indonesia. MRT Jakarta menyambut baik potensi kerja sama dengan Inggris terkait pengembangan koridor MRT. Selama ini, kita sudah memiliki hubungan baik dengan Crossrail International dalam bidang pengembangan sumber daya manusia di MRT Jakarta,” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar.

“Ke depannya, kerja sama dengan Inggris dapat lebih luas menjangkau pembangunan MRT fase-fase berikutnya,” jelasnya.

Kerja sama dengan MRT Jakarta, lanjut William, akan semakin mempererat hubungan antara DKI Jakarta dan Inggris terkait sektor transportasi dan lingkungan hidup.

Baca juga:  Anies Baswedan Ajak Menteri Perdagangan Inggris Naik MRT Jakarta

Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan juga turut menyambut baik rencana keterlibatan Inggris dalam pembangunan MRT fase-fase berikutnya.

“Penyediaan angkutan umum massal MRT juga menjadi program unggulan Jakarta saat ini. Jakarta sudah memiliki 16 km MRT dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI yang melayani hingga 120 ribu penumpang dalam satu hari,” ungkap Menteri Perdagangan Internasional Inggris.

"Untuk itu, Jakarta menyambut baik potensi keterlibatan Inggris dalam bersama-sama membangun MRT fase-fase berikutnya,” pungkasnya.

Dalam kunjungan kerjanya, Menteri Trevelyan didampingi oleh Her Majesty Trade Commissioner Natalie Black, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins, Country Director Department of International Trade Oliver Richards.

Rombongan diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar, Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud.

Rombongan Tiba di Stasiun Bundaran HI sekitar pukul 12.00 WIB dan melanjutkan perjalanan dengan ratangga menuju Stasiun Dukuh Atas BNI untuk meninjau area kawasan berorientasi transit pertama di Jakarta. (OL-5)

BERITA TERKAIT