03 February 2022, 18:27 WIB

Politikus PSI Diperiksa KPK Terkait Formula-e


Putri Anisa Yuliani |

WAKIL Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo dipanggil KPK hari ini. Angga dipanggil guna diperiksa terkait dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E.

Angga yang berasal dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyebutkan kemungkinan KPK memanggil dirinya menjadi terperiksa adalah sebagai saksi karena selama ini dirinya bersama fraksinya menolak keras Formula E serta sudah mencium adanya ketidakberesan dalam proses penganggaran agenda internasional tersebut.

"(Dipanggil) terkait penyelenggaraan Formula E. Jadi karena kami dari PSI yang bersikap konsisten menolak dari awal, jadi kami dimintai KPK penjelasan terkait dari proses awal perencanaan sampai hari ini," kata Angga saat dikonfirmasi, Kamis (3/2).

Baca juga: Polda Metro Periksa Polisi yang Lakukan KDRT

Ia tidak bisa menceritakan detail pertanyaan yang disodorkan KPK terhadapnya dalam pemeriksaan hari ini. Kurang lebih sekitar 20 pertanyaan ditanyakan oleh penyidik KPK kepada dirinya.

Ia juga turut membawa dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pemeriksaan tersebut. Dokumen tersebut sudah diserahkan kepada KPK.

Angga mengatakan, salah satu hal yang mencurigakan dalam proses penganggaran Formula E adalah pemberian dana commitment fee sebesar Rp560 miliar dari Pemprov DKI kepada Formula E Operation (FEO) yang disetor secara berkala sejak akhir 2019 hingga awal 2020.

"Tapi yang pasti Rp560 miliar uang yang selalu kita teriakkan, karena itu uang APBD, uang rakyat. Kami berharap itu bisa dipertanggungjawabkan dengan baik," jelasnya.

Angga mengatakan menurut informasi, selain dirinya, ada Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria yang juga turut diperiksa KPK hari ini.

"Infonya iya. Tapi di dalam saya tidak ketemu tadi," tambahnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT