25 January 2022, 20:10 WIB

Jika Gagal Nyapres, Anies Bisa Maju Lagi di Pilkada Jakarta 2024


Selamat Saragih | Megapolitan

PENGAMAT Politik, Hendri Satrio, menilai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, masih memiliki peluang untuk kembali maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 jika nanti gagal melangkah sebagai calon Presiden Republik Indonesia.

Menurut Henri, calon gubernur DKI, Anies masih memungkinkan karena Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pilkada dilaksanakan pada bulan yang berbeda, meski sama-sama direncanakan berlangsung pada tahun 2024.

"Itu para kontestan Pilpres kalau gagal di Pilpres bisa maju Pilkada. Pilpresnya Februari, Pilkadanya baru November. Jadi bisa ikut dua-duanya itu," kata Hendri saat dihubungi, di Jakarta, Selasa (25/1).

Hendri menilai bahwa Anies sudah melancarkan sejumlah manuver untuk maju dalam kontestasi Pilpres tahun 2024.

Baca juga: Gagal Tender Formula E, PSI: Ini Balapan Lepas Tangan

Salah satu strategi yang digunakan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut adalah memamerkan hasil kerjanya di beragam media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, hingga YouTube.

Anies rajin mengunggah informasi soal program-program serta proyek yang sudah berhasil dibangun di Jakarta.

Di antaranya soal proyek stadion berstandar internasional yakni Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, dan Tebet Eco Park serta JPO Karet di Jakarta Selatan.

Anies kini juga memiliki program baru "Dari Pendopo" yang tayang di kanal YouTube pribadinya.

Dalam unggahan pertama yang ditayangkan Sabtu (11/12), Anies menjelaskan, program "Dari Pendopo" dimaksudkan untuk menjelaskan soal program kerja yang dilakukan Anies selama memimpin Jakarta.

Salah satu program yang dijelaskan adalah program air bersih yang berhasil dia terapkan di Kepulauan Seribu.(OL-4)

BERITA TERKAIT