23 January 2022, 21:39 WIB

Pengembangan Desa Wisata Kertarahayu Bekasi Diapresiasi Dirjen Bina Pemdes


mediaindonesia.com | Megapolitan

DIREKTUR Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri Yusharto Huntoyungo, didampingi Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Desa Chaerul Dwi Sapta melaksanakan kunjungan kerja di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, kemarin. Kunjungan kerja ini untuk peninjauan langsung terkait pengembangan Desa Wisata yang dilaksanakan di Desa tersebut.

Yusharto meninjau secara langsung pengembangan pelaksanaan Desa Wisata Kertarahayu. Desa wisata yang mulai dikembangkan pada tahun 2021, diapresiasi Yusharto lantaran mampu menerapkan praktik pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dengan konsep ekowisata yang memanfaatkan potensi kelestarian dan keasrian kondisi lingkungan Desa Kertarahayu sebagai daya tarik wisata bagi para pengunjung.

"Mudah-mudahan ke depannya, dapat ditingkatkan atraksi-atraksi wisata dan munculnya produk UMKM masyarakat setempat yang dapat menjadi komoditas ekonomi pada Desa Wisata ini," kata Yusharto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/1).

Selain itu, Yusharto menyarankan agar segera dikembangkan homestay yang dapat memberikan layanan penginapan bagi wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata ini.

Sebagaimana diketahui, Desa Kertarahayu, pada 2021 kembali meraih juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat pada Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Prestasi ini perlu dijaga dan dipertahankan melalui penguatan peran kader PKK dan Posyandu serta kader-kader lainnya baik dalam konteks pengembangan desa wisata dan kegiatan lain yang mendukung perekonomian masyarakat, maupun upaya untuk melakukan percepatan penurunan stunting sebagai salah satu program prioritas nasional.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi Ida Farida, menyampaikan bahwa prestasi dan pengembangan Desa Wisata yang telah diperoleh dan terlaksana saat ini penting kiranya untuk dipertahankan. Sehingga dapat memberikan dampak bagi masyarakat yakni berupa peningkatan perekonomian. 

Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi mengucapkan  terimakasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan dan perhatian yang dilakukan oleh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri dalam mendukung pengembangan Desa Wisata ini.

"Konsep Desa Wisata Kertarahayu dikembangkan dengan pariwisata desa yang berbasis kelestarian lingkungan dan kearifan lokal. Lingkungan alam yang masih hijau dan udara yang sejuk serta rumah-rumah masyarakat setempat yang masih bersifat tradisional dan menunjukkan karakteristik daerah dan kearifan lokal diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri," kata Rudi. (OL-13)

Baca Juga: Mulai Besok, Rute TransJakarta Ciputat-Tosari Kembali Beroperasi 

BERITA TERKAIT