22 January 2022, 17:00 WIB

Cegah Omikron, Disdik Kota Bekasi Perketat Prokes PTM Terbatas


Rudi Kurniawansyah | Megapolitan

DINAS Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi terus melakukan pengawasan ketat protokol kesehatan (Prokes) terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Terlebih Disdik sedang mengkaji sekolah-sekolah untuk menggelar PTM secara penuh atau 100%.

"Kami melakukan pengawasan ketat terhadap berlangsungnya PTM terbatas. Saat ini PTM terbatas masih melihat situasi perkembangan data Covid-19," kata Kepala Disdik Kota Bekasi Inayatullah, Sabtu (22/1).

Baca juga: Polisi Amankan Pengemudi Mobil yang Tabrak 4 Kendaraan di Senayan

Inayatullah menjelaskan, PTM 100% telah diberlakukan secara bertahap. Pihaknya bahkan sempat melakukan tes acak PCR pada beberapa sekolah serta vaksinasi bagi guru dan peserta didik. Hal itu dilakukan untuk memastikan anak-anak yang akan masuk sekolah terbebas dari paparan virus Covid-19.

"Nah kita buka secara bertahap 100% dan terus kita lakukan evaluasi. Kami juga memastikan PTM terbatas berjalan lancar serta terus memantau perkembangan yang ada," ujarnya.

Selama ini, lanjutnya, Disdik Kota Bekasi melakukan evaluasi berjenjang terhadap berlangsungnya PTM terbatas. Ia meminta orang tua bisa memberikan edukasi kepada para peserta didik agar memanfaatkan waktu untuk belajar selama di rumah atau di luar jam sekolah.

"Tetap awasi anak, jangan dibiarkan ke luar atau ke tempat keramaian. Manfaatkan waktu di rumah untuk belajar. Kalau di rumah tetap dibiarkan keluyuran, sama saja bohong, gak ada guna juga ketika pengawasan ketat hanya dilakukan di sekolah," tegasnya.

Ia mengungkapkan, apabila peserta didik selepas pulang sekolah tidak langsung pulang ke rumah, maka menimbulkan rasa waswas di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, bisa saja karena keasyikan berkumpul dengan teman, pelajar mengabaikan prokes.

"Disdik Kota Bekasi mengimbau pelajar mengurangi waktu bermain di luar. Sebaiknya pelajar memperbanyak waktu di rumah dengan melakukan kegiatan positif," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT