18 January 2022, 10:48 WIB

39 Sekolah Tutup Akibat Covid-19, Wagub: Penularan Bukan di Sekolah


 Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

JUMLAH sekolah yang ditutup sementara karena covid-19 meningkat menjadi 39 sekolah.

Sebelumnya terdapat 15 sekolah yang ditutup karena terdapat 16 siswa dan 3 guru di sekolah-sekolah tersebut yang terpapar covid-19.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, dari 39 sekolah itu terdapat total 67 kasus covid-19 yang terdiri dari 62 peserta didik, 2 guru, dan 3 tenaga kependidikan.

Riza menuturkan penyebab penularan covid-19 yang menimpa 67 orang tersebut belum diketahui secara pasti. Namun, ia menduga penularan tidak terjadi di sekolah. Sebab, jumlah kasus covid-19 di tiap sekolah sangat kecil.

"Penyebabnya kalau PTM itu memang belum bisa dipastikan semuanya terjadi di sekolah. Justru dari data sementara lebih banyak mereka terpapar itu bukan di sekolah. Apa di rumahh atau perjalanan. Dari sini bisa kita lihat dari mana buktinya, karena buktinya secara umum setiap sekolah yang terpapar sedikit. Rata-rata 1-2 orang," ungkapnya di Balai Kota, Senin (17/1) malam.

Sementara itu ada satu sekolah yakni di SMKN 35 Jakarta yang memiliki 11 kasus covid-19 terdiri dari 9 peserta didik dan 2 tenaga kependidikan.

Riza mengatakan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta masih melakukan penelitian dan tracing terhadap sekolah tersebut untuk mengetahui penyebab tingginya angka kasus di SMKN 35 Jakarta.

"Memang ada satu sekolah ini yang banyak 9 kasus di SMKN 35 Jakarta. Ini msh kita cek hasil tracingnya. Ada 9 di SMKN 35 Jakarta. Yang lain umumnya 1-2 kasus. Itu artinya mereka terpapar tidak di sekolah. Terpapar dari luar sekolah," tandasnya. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT