17 January 2022, 14:37 WIB

Ada Proyek MRT CP-203, Dishub Rekayasa Lalin di Tiga Jalan Ini


Hilda Julaika | Megapolitan

DINAS Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Pintu Besar.

Rekayasa lalin diberlakukan menyusul adanya pekerjaan Mass Rapid Transit (MRT) Fase II Segmen CP-203 Stasiun MRT Glodok-Stasiun MRT Kota.

Baca juga: Medina Zein Bakal Ajukan Praperadilan Gugat Status Tersangka

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, lokasi pekerjaan MRT di kawasan ini dimulai dari depan LTC Glodok sampai simpang Kota Tua.

“Maka itu akan dilakukan rekayasa lalu lintas untuk menunjang pekerjaan ini," ujarnya dalam keterangannya, Senin (17/1).

Syafrin menjelaskan, selama pekerjaan berjalan, layanan di halte Transjakarta Glodok dipindahkan sementara ke sisi Utara.

"Bagi pengguna JPO Transjakarta Glodok akan dialihkan  menggunakan zebra cross yang dilengkapi pelican crossing," tandas Syafrin.

Untuk diketahui, berikut rekayasa lalin yang diterapkan sesuai tahapan pekerjaan;

- Pekerjaan segmen Stasiun MRT Glodok Stage 2 dimulai 15 Januari 2022-31 Mei 2024 di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk.

- Lokasi pekerjaan mulai dari depan Novotel sampai Indomaret, Jalan Gajah Mada

- Jenis pekerjaan berupa pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Halte Transjakarta Glodok, proteksi tanah, dinding panduan D-Wall, king post, penggalian, pekerjaan struktur Stasiun Glodok dan penggalian terowongan jalur kereta bawah tanah.

- Selama pekerjaan, lalin di Jalan Hayam Wuruk akan menjadi empat lajur mix traffic dengan jalur bus Transjakarta. Sedangkan, lalu lintas di Jalan Gajah Mada akan terbagi dua. Sisi kiri area pekerjaan dua lajur reguler dan sisi kanan area pekerjaan dua lajur mix traffic dengan jalur bus Transjakarta. (OL-6)

BERITA TERKAIT