14 January 2022, 20:53 WIB

Siswa yang Terpapar Covid-19 Sedikit, PTM 100% di Jakarta Terus Lanjut


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DINAS Pendidikan DKI Jakarta belum berniat menghentikan pembelajaran tatap muka (PTM) 100%. Kasubbag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja mengatakan, jumlah sekolah yang tutup karena covid-19 masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah sekolah yang masih aman dari penularan covid-19.

"Jumlah sekolah yang ada di DKI 10.947 unit dan yang tutup ada 10. Untuk jumlah pelajar yang ikut ada 1.370.249 dan yang terpapar katakanlah ada 10. Itu persentasenya kecil sekali. Kasihan yang lainnya kalau langsung ditutup," kata Taga saat dihubungi, Jumat (14/1).

Dalam menghentikan PTM, pihaknya tetap berpangku pada regulasi yang ada dan tidak bisa memutuskan menghentikan PTM secara sepihak. Regulasi yang dimaksud adalah surat keputusan bersama (SKB) 4 menteri.

Baca juga: Enam Sekolah di Jaktim Kembali Belajar Daring usai Siswa Positif Covid-19

"Level PPKM-nya. Kan ada 4 kategori. PPKM level 1 atau 2 maka pemda bisq laksanakan PTM 100%," ujarnya.

"Kalau PPKM level 3, maka pembelajaran separuh-separuh atau tiga kali dalam seminggu. Jamnya pun hanya 4 jam pelajaran, sebagian belajar di rumah sebagian belajar di sekolah. Itu yang level 3. Kalau PPKM level 4 maka seluruh sekolah belajarnya jarak jauh," jelas Taga.

Dinas Pendidikan, lanjutnya, harus bijak menyikapi perkembangan yang ada. Kehati-hatian diperlukan dan jangan sampai menutup sepihak bila masih banyak sekolah yang terbukti aman melakukan PTM 100%. (OL-4)

BERITA TERKAIT