14 January 2022, 11:25 WIB

Ajang Balapan Drag Race di Ancol Dibuka untuk Penonton


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

POLDA Metro Jaya bakal mengadakan balapan liar atau street race di Jakarta Utara pada 16 Januari 2022. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Sambodo Purnomo Yogo menyebut ajang balapan itu terbuka untuk umum.

"Ada penonton, terbuka untuk warga yang ingin menyaksikan," ujar Sambodo kepada Media Indonesia, Kamis (14/1).

Adapun sebanyak 240 lebih pembalap liar telah mendaftar di acara street racing yang diselenggarakan Ditlantas Polda Metro Jaya itu. "Acara ini tajuknya latihan bersama jadi bukan kejuaraan. Nanti ada beberapa kelas dan setiap kelas diberi waktu untuk mereka atur sendiri latihannya," ungkap Sambodo.

Rencananya, street race ini akan diselenggarakan pada 16 Januari 2022 pada pukul 09.00 WIB hingga sore. Setiap peserta diwajibkan membayar Rp100 ribu untuk asuransi jiwa, tiket masuk ke area lokasi beserta motornya.

Sementara untuk penonton perlu masuk lewat Ancol. Wajibnya penonton masuk melalui Ancol agar polisi dapat atur ketertiban sehingga protokol kesehatan terjaga dan akses pedulilindungi dapat dilakukan.

Sambodo menyebut acara latihan balap liar itu akan rutin diselenggarakan oleh Polda Metro Jaya. "Nanti akan kami atur bersama komunitas, tapi kami siapkan waktu saat malam hari misal dari pukul 21.00 WIB sampai 04.00 WIB," papar Sambodo.

Sambodo membeberkan ada tujuh kelas street race yang akan diselenggarakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, di antaranya kelas motor sport dua tak, bebek dua tak, bebek empat tak, serta kelas Vespa.

Tujuh kelas yang akan diadakan itu merupakan hasil diskusi dari komunitas balap motor liar di Jakarta. “Itu opini dari komunitas. Selain itu, motor hasil modifikasi juga boleh (mengikuti perlombaan) tidak ada masalah, nanti ada tim yang akan menilai,” ungkap Sambodo.

Sambodo menyebut pihaknya juga telah menyiapkan lintasan sepanjang 800 meter, untuk drag race 500 meter, dan 300 meter sisanya untuk pengereman. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT