12 January 2022, 12:32 WIB

DKI Buat Penyaring Sampah Rp197 Miliar, PDIP: Koordinasi Dengan Penyangga


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMPROV DKI Jakarta membangun penyaring sampah dengan anggaran Rp197 miliar tahun ini. Anggaran itu tidak hanya untuk membangun penyaring sampah tetapi juga beserta pembangunan Kali Gendong.

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gembong Warsono mengatakan program penyaring sampah di sungai di wilayah perbatasan dengan daerah penyangga adalah kebijakan yang tepat. Namun, ia meminta ada penegasan tanggung jawab soal masalah sampah tersebut dengan daerah penyangga. Sebab, menurut dia, sampah yang mengalir di sungai hingga ke Ibu Kota tak semata tanggung jawab Pemprov DKI.

"Untuk mengurangi sampah masuk Jakarta saya kira itu baik, tapi yang jadi persoalan itu nanti jadi tanggung jawab siapa? Apa akan jadi tanggung jawab Jakarta atau daerah penyangga? Kan ini harus dibangun koordinasi baik antara pemprov dengan daerah penyangga, jangan samlai nanti ada sampah, saling lempar tanggung jawab. Ini kan jadi persoalan kita bersama," kata Gembong saat dihubungi, Rabu (12/1).

Ia meminta agar Pemprov DKI juga menegaskan kepada daerah penyangga untuk mengurus masalah sampah di wilayahnya masing-masing. Program ini diketahui sudah direncanakan sejak lama namun baru bisa dianggarkan tahun ini.

"Urgensinya supaya di aliran sungai kita tidak dipenuhi oleh sampah yang datang dari hulu. Sehingga minimal, tidak 100% bersih tidak, minimal bisa mengurangi," pungkasnya. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT