12 January 2022, 09:30 WIB

Empat Warga Tangsel Terkonfirmasi Positif Omikron


Syarief Oebaidillah | Megapolitan

TERCATAT empat warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omikron.

"Satu kasus berasal dari perjalanan luar negeri  dan  tiga kasus transmisi lokal " ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendarlin Mahdaniar melalui keterangan tertulis, yang diterima Media Indonesia, Rabu (12/1)

Menurut Allin, satu kasus yang berasal dari perjalanan luar negeri  dari seoramg perempuan berusia 34 tahun, setelah melakukan kunjungan kerja di Amerika Serikat. Yang bersangkutan ketika menuju  pulang ke tanah air  melakukan  transit terlebih dulu  selama 11 jam  di kawasa  bandara di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pada  hari kesembilan karantina tes Swab PCR , lanjut Allin, perempuan tersebut  dinyatakan positif dan dirujuk ke Rumah Sakit Ciputra Garden di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Sedangkan tiga kasus transmisi lokal dua di antaranya pasangan suami istri yang tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Transmisi terjadi diawali kontak erat dari pasien positif diantara rekan kerjanya. Melalui swab terdeteksi sang istri positif  varian Omikron.

Kasus keempat, juga tidak ada riwayat perjalanan luar negeri menjangkiti pria berusia 60 tahun. Sebelumnya ia mengeluh meriang manakala di tes RDT Antigen hasil positif.

Terkait hal itu, Allin menegaskan gencar lakukan tracing. "Hingga saat ini tracing kita lakukan apalagi pasien  banyak melakukan aktivitas. Kami pantau 14 hari sebelum pasien dinyatakan positif untuk menemukan siapa saja kontak erat dengan pasien di antara nya di lingkungan tempat kerja," tukasnya. (OL-13)

Baca Juga: Wagub: Ada Kemungkinan Jabatan Gubernur DKI Jakarta Diperpanjang Hingga 2024

BERITA TERKAIT