07 January 2022, 22:06 WIB

Pemkot Depok Klaim Selama Pandemi Kasus Kebakaran Turun


Kisar Rajaguguk |

DINAS Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Pemerintah Kota Depok mengklaim angka kasus kebakaran di wilayahnya mengalami penurunan selama 2021. Turunnya angka kebakaran salah satunya efek dari pandemi covid-19.

"Ya, angka kebakaran turun. Ini karena efek pandemi covid-19 yang menyebabkan adanya pembatasan-pembatasan kegiatan masyarakat sehingga segala potensi yang menimbulkan kebakaran bisa di deteksi lebih awal," ucap Kepala DPKP Kota Depok Raden Gandara Budiana, Jumat (7/1).

Selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) itu, katanya, orang banyak di rumah. Sebelum pandemi atau pada 2020 DPKP Kota Depok mencatat sebanyak 123 kasus. "Maka tahun ini (2021) hanya 121 kasus."

Baca juga: Ridwan Kamil Tunjuk Tri Adhianto Jadi Plt Wali Kota Bekasi

Gandar merinci, pada Januari tahun lalu terdapat 10 kasus, Februari (4), Maret (9), April (12), Mei dan Juni (9). Kemudian, Juli 10 kasus, Agustus (15), September (12), Oktober (11), November (7), dan Desember (13).

"Mayoritas kasus kebakaran tahun 2021 disebabkan korsleting listrik dengan 62 kasus. Sementara penyebab lainnya, yaitu kompor meledak 17 kasus dan penyebab lainnya 42 kasus. Rata-rata kasus kebakaran terjadi di area pemukiman warga. Total kerugian hampir mencapai Rp1,2 miliar," katanya.

Selain memadamkan api, sambung dia, pihaknya juga melakukan penanganan terhadap kasus non-kebakaran, seperti evakuasi sarang tawon, ular, dan monyet yang masuk ke pemukiman warga, termasuk juga pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor.

"Selama 2021 tercatat sudah 567 kasus non-kebakaran yang kami tangani. Paling banyak evakuasi mencapai 495 tindakan," tutur dia.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional DPKP Kota Depok Welman Naipos-pos menambahkan, turunnya angka kebakaran di Kota Depok sedikit banyaknya di pengaruhi oleh tingginya kesadaran masyarakat tentang kebakaran itu.

Hal ini didukung dengan gencarnya bimbingan peningkatan kapasitas dan sosialisasi yang terus digencarkan DPKP Kota Depok guna mendorong masyarakat sadar akan kebakaran. (J-2)

BERITA TERKAIT