07 January 2022, 08:10 WIB

Tangani Banjir, DKI Tambah 26 Pompa Mobile Pengadaan Tahun 2021


Hilda Julaika |

DINAS Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah merealisasikan pengadaan sebanyak 26 unit pompa mobile baru di Tahun Anggaran 2021.

Kasubbag Tata Usaha UP Alkal Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Boris Karlop mengatakan, 26 unit pompa mobile baru ini memiliki kapasitas bervariasi berkisar 250-1.000 liter per detik.

"Pompa mobile baru ini akan didistribusikan ke daerah rawan banjir dan genangan di lima wilayah kota," ujar Boris, dalam keterangannya, Jumat (7/1).

Boris menjelaskan, pompa mobile berfungsi sebagai pendukung dari pompa stasioner. Pompa mobile ini mudah dipindahkan, sehingga akan disiagakan dan dioperasikan di titik-titik rawan genangan ketika hujan datang.

"Ini bentuk antisipasi dan mitigasi kita terhadap perubahan iklim, di mana curah hujan semakin tinggi dan kondisi cuaca tidak menentu. Pompa mobile ini kita siagakan di titik-titik yang belum ada pompa stasioner. Untuk itu, perlu disiagakan pompa mobile ini untuk penanganan banjir dan genangan," terangnya.

Ia berharap, dengan penambahan 26 unit pompa mobile ini banjir dan genangan dapat ditangani dalam waktu cepat.

"Total Dinas SDA memiliki 300 pompa mobile dengan adanya penambahan ini. Targetnya, ketika ada genangan maksimal enam jam bisa surut," tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: 14 Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Ini

 

BERITA TERKAIT