30 December 2021, 16:12 WIB

Dengan Ajang Formula E, Ancol Bisa Jadi Kawasan Percontohan Kawasan Rendah Emisi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DIGELARNYA balap mobil listrik Formula E di Ancol bisa memulai babak baru kampanye Pemprov DKI terhadap penggunaan gaya hidup ramah lingkungan. Ancol pun bisa dijadikan contoh kawasan yang menerapkan gaya hidup hijau yang berkelanjutan di Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh pengamat tata kota, Nirwono Joga, dalam diskusi virtual, Kamis (30/12). Ia mengatakan, Formula E sendiri diadakan Pemprov DKI karena ingin semakin menggalakkan penggunaan energi ramah lingkungan khususnya pada kendaraan.

"Ancol bisa jadi percontohan kawasan Low Emission Zone. Jadi menerapkan kawasan rendah emisi," kata Nirwono.

Upaya yang dilakukan antara lain dengan membangun hutan kota di Ancol dan angkutan yang ada di Ancol haruslah angkutan yang menggunakan energi ramah lingkungan.

"Pembangunan sirkuitnya seperti di tengah hutan untuk memperjelas posisi Ancol. Seluruh bangunan di Ancol harus berkonsep hijau atau green building misal menggunakan energi terbarukan," paparnya.

Ancol juga bisa mulai menerapkan zero waste yakni mengolah kembali residu atau sampah serta limbah yang dihasilkan sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat.

"Ini adalah peluang yang bisa dimanfaatkan oleh Pemprov DKI," tandasnya. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT