28 December 2021, 19:20 WIB

Dirut Ancol Bantah Pinjam Uang Rp1,2 T Buat Formula E 


Hilda Julaika |

DIREKTUR Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir membantah isu peminjaman uang sebesar Rp1,2 triliun dari Bank DKI untuk pembiayaan ajang Formua E di Kawasan Ancol. 

Pasalnya, Ancol hanya menyediakan lahan dengan sistem penyewaan business-to-business (B2B) kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro). 

"Ancol komit tidak mengeluarkan dana untuk formula E. Kedua, dana untuk formula E dilakukan oleh Jakpro. Kita hanya lahan dan sistemnya B to B dan Jakpro akan menyewa ke kita," katanya di DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/12). 

Sebelumnya, Bank DKI telah menyalurkan kredit Rp1,24 triliun untuk Ancol. Sebagian dari pinjaman ini akan digunakan untuk merevitalisasi Pintu Gerbang Ancol sisi timur. 

Baca juga : Apartemen Marina Ancol Jadi Korban Premanisme

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan lokasi Pantai Timur sama dengan titik sirkuit Formula E. Pihaknya mempertanyakan apakah pinjaman dana Ancol bakal dipakai untuk membantu pembangunan lintasan balap mobil listrik internasional itu. 

Teuku mengutarakan, urusan Formula E sepenuhnya didanai PT Jakpro. Sementara Ancol mendapatkan untung dari penjualan tiket. 

Selain menyediakan lahan, Teuku menjelaskan, akan ada mekanisme penjualan tiket dengan sistem bagi hasil. Penonton harus membayar tiket masuk Ancol sekaligus Formula E. (OL-7)

BERITA TERKAIT