27 December 2021, 20:18 WIB

Polda: Kasus Bahar Bin Smith Terus Berlanjut!


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

POLDA Metro Jaya menegaskan bahwa kepolisian masih akan melanjuti adanya laporan terhadap Habib Bahar Bin Smith dan Eggi Sudjana.

Diketahui, keduanya dilaporkan oleh Ketua Cyber Indonesia Husin Shihab terkait dugaan kasus penyebaran ujaran kebencian. "Habib Bahar kasus tetap berlanjut, tapi teknisnya belum tahu," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, di Polda Metro Jaya, Senin (27/12).

Terkait ada tidaknya kendala terkait penyelidikan kasus tersebut, Zulpan mengaku hal teknis tidak bisa disampaikan pada awak media.
Namun, Zulpan belum bisa membeberkan kapan Habib Bahar Bin Smith maupun Eggy Sudjana akan dipanggil untuk diperiksa penyidik PMJ.

Adapun Bahar bin Smith dan Eggi dilaporkan oleh Ketua Cyber Indonesia Husin Shihab ke Polda Metro Jaya pada 7 Desember 2021.
Husin pun dipanggil ke PMJ untuk diperiksa terkait pelaporannya, Selasa (21/12) "Pemeriksaan lancar ada beberapa pertanyaan yang saya jawab sesuai dengan bukti-bukti yang saya kumpulkan," tutur Husin.

Adapun alasan Husin melaporkan Eggi dan Bahar lantaran keduanya dinilai memberikan penjelasan berbeda kepada publik, ihwal pernyataan Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurrachman.
"Pak Dudung hanya menjelaskan cara dia berdoa, dia bilang 'saya pakai bahasa Indonesia saja, karena Tuhan kita bukan orang Arab'," ungkap Husin.

Kedua terlapor, kata Husin, dianggap menyesatkan masyarakat dan menimbulkan rasa kebencian terhadap Dudung. Menurutnya, baik Eggi maupun Bahar bin Smith memelintir bahasa yang disampaikan Dudung. Membuat seolah-olah  Dudung menyetarakan antara manusia dan Tuhan.

Di dalam pemeriksaan, Husin menyertakan barang bukti, seperti  screenshoot, link, dan video di dalam disk penyimpanan. (OL-8)

BERITA TERKAIT