08 December 2021, 09:20 WIB

Ancol Banjir Rob Pertama Kali, Wagub DK Janji akan Lakukan Evaluasi


Hilda Julaika | Megapolitan

WILAYAH Kelurahan Ancol mengalami banjir rob untuk pertama kalinya, sejak Jumat (3/12). BPBD DKI mencatat masih ada 11 RT yang terendam air tadi malam.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan melakukan evaluasi atas peristiwa ini.

"Nanti kita akan evaluasi, memang di situ ada tanggul yang jebol," kata Ariza sapaan akrabnya, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/12) malam.

Baca juga: Gelombang Air Laut Tinggi, Pesisir Utara Jakarta Terkepung Rob

Menurutnya, tanggul di wilayah tersebut sejauh ini terus dibangun. Baik oleh pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta. Namun, pihaknya belum bisa berbicara banyak karena perlu melakukan evaluasi terlebih dahulu.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat gelombang air laut tinggi menyebabkan banjir rob terjadi di berbagai wilayah di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.

Banjir rob di Jakarta Utara meliputi Kelurahan Pluit (11 RT), Kelurahan Penjaringan (1 RT), Kelurahan Pejagalan (1 RT), dan Kelurahan Ancol (11 RT).

Ketinggian banjir rob di wilayah-wilayah ini bervariasi antara 40 cm hingga 80 cm.

Di wilayah Jakarta Barat terdapat 14 RT yang tergenang banjir rob di antaranya di Kelurahan Kedoya Utara (5 RT), Kelurahan Rawa Buaya (5 RT), dan Kelurahan Tegal Alur (3 RT). (OL-1)

BERITA TERKAIT