06 December 2021, 20:18 WIB

Pasca-Kebakaran Gedung Cyber, Data Center ISC Tetap Berfungsi Normal 


mediaindonesia.com | Megapolitan

HUMAS PT  Indonesia Super Corridor (ISC) Yunianto mengatakan, pascainsiden kebakaran yang terjadi di lantai 2 Gedung Cyber-1 di Jl Kuningan Barat No 8 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (2/12) lalu, seluruh fasiitas Data Center ISC (CNI Group) Cyber-1 Lantai 9 tetap bekerja dengan baik dan tidak mengalami gangguan.

Data center ISC dapat beropersi dan tak mengalami ganguan karena Data Center ISC Cyber-1 telah memiliki sertifikasi Tier III Facility dari Uptime Institute.

Itu artinya sistem infrastruktur data center CNI Group yang terpasang, telah lulus dalam audit TCCF (Tier Certified Constructed Facility) pada bulan November 2019 oleh Uptime Institute. Uptime Institute adalah lembaga sertifikasi data center internasional.

Dalam keterangan tertulis, Senin (6/12), disebutkan pada saat kebakaran terjadi di Lantai 2 Gedung Cyber-1 berakibat menyebarnya asap ke seluruh koridor gedung Cyber, termasuk koridor lantai 9, tempat Data Center ISC Cyber berada, operasional data center masih tetap berjalan normal.

Yunianto mengatakan itu disebabkan fasilitas data center ISC menggunakan sistem pendinginan yang independen dan sistem akses trapped door tahan api. 

“Sehingga asap tidak masuk ke dalam ruang Data Center kami. Dengan demikian sistem proteksi kebakaran di dalam ruang Data center tidak mendeteksi adanya potensi kebakaran dan System Fire Protection tetap standby dalam posisi normal dan siap melindungi aset dalam data center saat terdeteksi potensi kebakaran,” ungkap Yunianto.

Lanjut Yunianto, sistem kelistrikan Data Center ISC Cyber-1 lantai 9 yang dimiliki ISC terdiri dari 2 jalur distribusi listrik yang dedicated dan terpisah satu dengan yang lain. Dari lantai 9 sampai ke power house Gedung Cyber.

“Sehingga jalur kelistrikan kami tidak terkena dampak atas terjadinya kebakaran di lantai 2 tersebut. Sebelum terjadinya kebakaran, kebakaran kami telah menerapkan Business Continuity Plan, sesuai dengan standar ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 20000-1, ISO 27001. Sehingga layanan bisnis tetap dapat berjalan sebagai mana mestinya tanpa terganggu,” terang Yunianto.

Saat ini data center ISC juga telah tersertifikasi Tier III Facility dari badan sertifikasi data center internasional Uptime Institute.

ISC memiliki tim ahli di bidang perancangan, pengadaan perangkat, sertifikasi, pemeliharaan dan pengelolaan data center.

Tenaga ahli ISC telah teruji dan bersertifikasi internasional Accredited Tier Designer (ATD), Accredited Tier Specialist (ATS), Accredited Operations Specialist (AOS), Certified Data Centre Professional (CDCP), Certified TIA-942 Design Consultant (CTDC), Certified Data Centre Facilities Operation Manager (CDFOM).

Atas adanya korban dua orang korban meninggal akibat kebakaran Gedung Cyber, manajemen PT Indonesia Super Corridor (CNI Group) menyampaikan belasungkawa mendalam atas terjadinya musibah ini.

"Semoga para korban meninggal dunia mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah yang Maha Kuasa dan diterima segala amal ibadah mereka," jelas Yunianto. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT