03 December 2021, 16:49 WIB

Pelaku Penembakan di Exit Tol Bintaro Ipda OS Belum Ditetapkan Jadi Tersangka


Rahmatul Fajri | Megapolitan

PELAKU penembakan di Exit Tol Bintaro, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Ipda OS hingga saat ini belum ditetapkan sebagai tersangka. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat ini Ipda OS masih berstatus sebagai terperiksa dan menjalani pemeriksaan oleh Divpropam Mabes Polri dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Statusnya belum ditingkatkan jadi tersangka. Masih sebagai terperiksa. Penyidikan juga oleh penyidik dari krimum belum tuntas. nanti kita update," kata Zulpan, ketika dihubungi, Jumat (3/12).

Zulpan mengatakan Ipda OS saat ini masih diperiksa secara maraton dan belum ditahan oleh polisi. Namun, saat ini Ipda OS telah dinonaktifkan dari Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Sudah dinonaktifkan dari sana dalam rangka pemeriksaan intensif. Kan dilakukan pemeriksaan, artinya dia tidak melakukan tugas seperti biasa, tapi tidak ditahan. Itu kan kalau ditahan ada statusnya, setelah statusnya sebagai tersangka," kata Zulpan.

Baca juga: Lagi, Oknum Jenderal Dilaporkan ke Kapolri

Lebih lanjut, Zulpa mengatakan Divpropam Mabes Polri masih melakukan pemeriksaan secara intensif terkait dugaan pelanggaran prosedur saat bertugas, khususnya dalam penggunaan senjata api. Ia mengatakan setelah pemeriksaan rampung, polisi akan memutuskan status Ipda OS.

"Jadi, Propam belum selesai meriksanya kalau udah selesai periksanya baru nanti Propam menentukan juga dari tingkatan pelanggaran disiplin, SOP penggunaan senjata api apakah yang dia lakukan sudah benar," ungkapnya.

Sebelumnya, polisi mengungkap pelaku penembakan di Exit Tol Bintaro, Pondok Pinang, Jakarta Selatan merupakan anggota Sat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya berinisial Ipda OS. Diketahui, dalam peristiwa itu terdapat dua korban yang mengalami luka tembak, yakni PP dan MP. PP dinyatakan meninggal dunia, sedangkan MP masih menjalani perawatan lebih lanjut.(OL-4)

BERITA TERKAIT