02 December 2021, 22:11 WIB

Hadapi Ancaman Varian Covid-19 Omicron, Wagub DKI Jamin Kesiapan Faskes 


Hilda Julaika |

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjamin Jakarta siap menghadapi potensi kenaikan kasus akibat varian Covid-19 Omicron dan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dengan menyiapkan fasilitas kesehatan dan meningkatkan testing, tracing, dan treatment (3T). 

"Kita juga terus meningkatkan 3T. Di samping berbagai fasilitas yang ada, seperti rumah sakit rujukan, tenaga kesehatan, pengobatan. Kita jamin semuanya, kita pastikan siap," kata Ariza, sapaan akrabnya, di The Tribata Darmawangsa Jakarta, Kamis (2/12). 

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya juga menjamin ketersedian Bed Occupancy Rate (BOR) dan ruang ICU sangat memadai. Termasuk menyiapkan sejumlah obat-obatan dan oksigen. 

Baca juga : Integrasi Bertambah, Operator Koantas Bima Gabung TransJakarta 

"Itu sudah kita siapkan. Sejauh ini BOR dan ICU masih lebih dari cukup karena yang terpakai hanya 4% dan ICU hanya 7%, oksigen obat-obatan jumlahnya sangat cukup seiring menurunnya kasus covid di Jakarta," terangnya. 

Ia juga mengungkapkan pemerintah pusat sudah mengeluarkan kebijakan karantina perjalanan luar negeri yang diperpanjang. Termasuk dengan melakukan pembatasan perjalanan dari negara asal varian omicron ditemukan. 

"Kebijakan-kebijakan dari Satgas Pusat dengan memperpanjang masa karantina yang tadinya 3 hari jadi 7 hari, membatasi warga asing untuk masuk ke Indonesia dan Jakarta juga. Saya rasa ada beberapa kebijakan-kebijakan ini seperti pembatasan," paparnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT