29 November 2021, 19:25 WIB

Saka Antinarkoba Tangsel Diminta Sinergi Dengan Berbagai Pihak


Syarief Oebaidillah | Megapolitan

KEBERADAAN Saka Antinarkoba diharapkan mampu menekan merajalelanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba di wilayah Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten.

"Dengan adanya Saka Antinarkoba Gerakan Pramuka Tangsel, kita semua berharap peredaran dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya bisa ditekan," kata Ketua Kwarcab Pramuka Tangsel, Wahyunoto kepada Media Indonesia, Senin (29/11).

Karena itu, Wahyunoto menilai partisipasi dan peran aktif generasi muda melalui aktivitas dan gerakan pramuka yang mengamalkan dasadarma pramuka dan menghayati trisatya pramuka adalah benteng yang kokoh  terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba. "Tentunya akan lebih optimal dengan adanya Saka yang lebih khusus mengetahui seluk beluk persoalan dan masalah penyalahgunaan narkoba yang terjadi selama ini," ungkap Wahyunoto yang juga menjabat Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemkot Tangsel.

Tentang program kongkrit dalam mengedukasi dan menangkal narkoba pada generasi milenial, Wahyunoto mengutarakan langkah konkrit yang dilakukan Saka Antinarkoba diantaranya harus bersinergi antarsektor khususnya penyelenggaraan ketahanan keluarga. Pasalnya peran keluarga hal utama dan penting guna mencegah penyalahgunaan narkoba.

"Keluarga yang harmonis, rukun damai, dengan contoh figur saling meneladani satu sama lain menjadi contoh, saling mengingatkan dapat menekan meningkatnya peredaran dan penyalahgunaan narkoba," cetusnya.

Saka Antinarkoba diminta juga mampu berkolaborasi bersinergi atau menggandeng bukan hanya keluarga, juga menggandeng berbagai pemangku kepentingan lebih banyak.

Wali Kota Tangsel, Banten, Benyamin Davnie telah melantik Kepengurusan Majelis Pembimbing Saka (Mabiska) Antinarkoba, Pimpinan Saka, Instruktur Saka dan Pamong Saka Anti Narkoba Kota Tangsel Periode 2019-2024

Benyamin mengutarakan masa depan pembangunan daerah bergantung pada eksistensi anak muda saat ini. Pramuka merupakan salah satu wadah bagi anak muda mengembangkan jati dirinya. "Pramuka memiliki banyak program pembinaan yang memang dibutuhkan anak muda saat ini,” ujar Benyamin seraya menambahkan salah satu porgramnya adalah Saka Antinarkoba.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tangsel Banten, Zulfa Sungki mengapresiasi munculnya gerakan masyarakat antinarkoba. Namun diingatkan pentingnya efektivitas dalam menangkal barang haram tersebut bagi generasi muda  tidak sekadar seremonial. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT