29 November 2021, 17:30 WIB

Anies Ungkap Alasan Tunjuk Sahroni Ketua OC Formula E


Selamat Saragih | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan, alasan pihaknya menunjuk Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, sebagai ketua pelaksana atau organizing committee (OC) penyelenggaraan Formula E Jakarta. Sahroni ditugaskan sebagai ketua pelaksana setelah pertemuan dirinya dengan Formula E Operations (FEO), Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan PT Jakarta Propertindo minggu yang lalu.

Panitia, menurut Anies, diumumkan secara resmi setelah 16 Oktober 2021, FIA menetapkan Jakarta sebagai tempat pelaksanaan Formula E pada 4 Juni 2022 nanti.

“Kami perlu tegaskan bahwa kita menitipkan amanat untuk menjadi ketua pelaksana kepada Bapak Sahroni karena beberapa hal. Pertama, Pak Saroni adalah seorang yang berpengalaman di dalam kegiatan balap mobil, di dalam kegiatan racing yang amat diperlukan ketika kita melaksanakan sebuah kegiatan seperti Formula E,” ujar Anies seusai didatangi Ahmad Sahroni, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11).

Baca juga: Anies Sebut Alasan Formula-e Jakarta karena Ibu Kota Akan Pindah

Alasan kedua, lanjut Anies, Sahroni merupakan ketua perkumpulan mobil listrik. Menurut dia, hal ini sangat cocok dan relevan karena Formula E merupakan balapan mobil listrik.

“Yang kita tahu Formula E adalah sebuah balap mobil dengan menggunakan energi listrik. Karena itu, kita sama-sama menyadari bahwa Formula E ini juga untuk membawa pesan kepada semua bahwa kita perlu mulai bersiap untuk melakukan transformasi kepada moda transportasi yang bebas emisi, salah satunya kendaraan berbasis listrik,” ungkap Anies.

Alasan ketiga, tambah Anies, Ahmad Sahroni merupakan Sekretaris Jenderal IMI bisa menjadi perwakilan Fédération Internationale de l'Automobile/FIA (Federasi Olahraga Mobil Dunia) di Indonesia.

Menurut dia, keberadaan Sahroni nantinya memudahkan komunikasi dan koordinasi dengan FIA. “Ini diharapkan bisa menjadi jembatan di dalam pelaksanaan nanti antara apa yang menjadi regulasi internasional, apa yang menjadi ketentuan-ketentuan dengan pelaksanaan di lapangan. Itu yang nanti diharapkan bisa menjadi peran dari Sahroni,” ujar Anies.(OL-4)

BERITA TERKAIT