27 November 2021, 14:35 WIB

Gowes dan Tanam demi Lingkungan yang Lebih Baik


mediaindonesia.com |

PERUMAHAN skala kota (township) Jakarta Garden City di Jakarta Timur menggelar kegiatan Gowes dan Tanam pada Sabtu (27/11). Kegiatan tersebut sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan secara berkesinambungan. 

Kegiatan bersepeda (gowes) itu menyusuri jalanan Jakarta Garden City (JGC) dan kawasan sekitar proyek bekerja sama dengan komunitas sepeda Pedals. Sedangkan kegiatan penanaman pohon produktif sebagai wujud kepedulian terhadap penghijauan lingkungan bekerja sama dengan Kodim 0505/Jakarta Timur.

Acara simbolis penanaman 628 bibit pohon di kawasan JGC dihadiri jajaran Kodim 0505 Jakarta Timur, Koramil 06 Cakung Jakarta Timur, Polsek Cakung Jakarta Timur, jajaran Kelurahan Cakung Timur, jajaran manajemen PT Mitra Sindo Sukses selaku pengembang JGC dan PT Modernland Realty Tbk.

Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur Kolonel Kavaleri Rahyanto Edi Yuniarto menuturkan kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup Tahun 2021 di wilayah Kodim 0505/Jakarta Timur. 

"Penghijauan merupakan agenda penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam turut serta menangani krisis lingkungan. Kita harus terus bersinergi guna menjaga dan melestarikan lingkungan,” kata Kol Rahyanto.

Lebih lanjut ia mengatakan penanaman pohon atau penghijauan akan membawa dampak positif terhadap keseimbangan dan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik. 

"Mari sama-sama kita jaga dan rawat pohon yang telah ditanam ini sehingga kelak masyarakat dapat menikmati manfaatnya," tukasnya. 

Di sisi lain, GM Town Management & High Rise Jakarta Garden City Togu Pangihutan mengatakan pihaknya senang dapat berpartisipasi dan mendukung dilaksanakannya kegiatan Gowes dan Tanam di kawasan JGC

"Kegiatan penanaman pohon memiliki banyak manfaat untuk menjaga kelestarian lingkungan maupun ekosistemnya. Satu pohon sejuta manfaat. Semakin banyak pohon yang ditanam, semakin banyak pula oksigen yang dihasilkan," ujar Togu Pangihutan.

Kegiatan ini juga sejalan dengan konsep yang diusung JGC yakni Eco Township. Konsep tersebut diharapkan dapat membawa JGC menjadi kawasan hunian modern terbesar dan terlengkap di Jakarta Timur yang menawarkan lingkungan hijau untuk tempat tinggal dan investasi. 

Konsep ini didukung juga oleh ruang terbuka hijau yang sangat luas yakni 60% dari total kawasan. Kawasan hijau di JGC senantiasa dijaga. Memiliki danau seluas 15 hektare lengkap dengan Lake Side Garden seluas 7 hektare. (RO/X-12)

BERITA TERKAIT