25 November 2021, 08:00 WIB

Tiga Pencuri Besi Proyek Kereta Cepat di Bekasi Digagalkan


Rudi Kurniawansyah | Megapolitan

Unit Patroli Jalan Raya (PJR) Jakarta-Cikampek (Japek) menggagalkan aksi pencurian besi pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung di Kilometer 34 Tol Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sekitar pukul 04.30 WIB, Selasa (23/11) dini hari.

Polisi menangkap tiga pelaku beserta barang barang bukti dan membawa mereka ke Polres Metro Bekasi untuk proses hukum lebih lanjut.

"Tiga pelaku mencurigakan melakukan aksi pencurian besi kereta cepat di sekitar kilometer 34 Tol Cibatu. Peristiwa itu tertangkap oleh anggota kami saat sedang patroli rutin. Ketiganya ditemukan sedang melakukan pemotongan tiang besi proyek kereta api cepat," kata Kepala Induk PJR Japek Ajun Komisaris Rikky Atmaja, Rabu (24/11).

Rikky menjelaskan para pelaku tertangkap tangan ketika berusaha memotong besi menggunakan mesin las. Ketika itu, petugas langsung menangkap dan melakukan interogasi.

Dari pengakuan para pelaku diketahui aksi itu sudah dua kali dilakukan dengan mengumpulkan besi seberat 100 kilogram atau sekitar 1 kuintal.

"Aksi pertama mereka berhasil kumpulkan sekitar 1 kuintal potongan besi," ujarnya.

Menurut Rikky, para pelaku sengaja melakukan pencurian pada dini hari dengan modus menutupi terpal saat pengelasan dan pemotongan tiang besi. Aksi mereka itu untuk mengelabui patroli polisi.

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa alat las, tabung gas, terpal, oksigen, palu, dan linggis, serta kendaraan yang digunakan para pelaku. (OL-12)

BERITA TERKAIT