23 November 2021, 16:07 WIB

Tempat Wisata di Jakarta Bakal Diatur Saat Nataru


Hilda Julaika | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan akan mengatur kegiatan masyarakat Jakarta saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini. Salah satunya dengan mengatur pembukaan tempat wisata. Pasalnya pemerintah pusat berencana menerapkan PPKM level 3 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. 

“Tempat wisata akan diatur. Kami menunggu kebijakan dari pemerintah pusat yang rencananya akan menerapkan PPKM level 3 pada 24 Desember hingga 2 Januari 2022,” kata Ariza, sapaan akrabnya, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (23/11). 

Baca juga: PPKM Level 3 Saat Nataru, Dishub Kaji Perubahan Titik Ganjil Genap

Kendati demikian, Ariza belum bisa merinci aturan detail lainnya terkait PPKM Level 3. Lantaran masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat. 

“Kita tunggu kepastianya. Pemprov DKI pada prinsipnya akan mendukung kebijakan yang diambil pemerintah pusat,” jelasnya. 

Namun pihaknya meminta warga Jakarta agar bisa belajar dari pengalaman momen liburan yang berkontribusi pada melonjaknya kasus covid-19. Hal ini pun bisa berkaca pada negara lain saat ada pelonggaran penggunaan masker yang memicu peningkatan kasus.

“Belajar dari tahun sebelumnya. Bahkan kita belajar dari berbagai negara di dunia yang merasa sudah mendapatkan vaksin kemudian lalai dalam prokes. Membebaskan penggunana masker yang terjadi peningkatan kasus,” ungkapnya.

Sebelumnya, PPKM Level 3 Nataru akan diberlakukan se-Indonesia. PPKM level 3 ini akan dilaksanakan selama libur Nataru akhir tahun ini untuk memperketat pergerakan aktivitas masyarakat.

"Selama libur Nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3," ungkap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Rabu (17/11). (OL-6)

BERITA TERKAIT