23 November 2021, 15:08 WIB

PPKM Level 3 Saat Nataru, Dishub Kaji Perubahan Titik Ganjil Genap


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH pusat telah menetapkan PPKM level 3 berlaku di seluruh wilayah Indonesia pada libur Natal dan Tahun Baru. Selama sepekan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, PPKM level 3 akan berlaku di seluruh Indonesia tak terkecuali DKI Jakarta.

Namun demikian, Dinas Perhubungan DKI Jakarta belum dapat memastikan perubahan kebijakan transportasi di dalam penerapan PPKM level 3 tersebut termasuk untuk penerapan ganjil genap.

Baca juga: Sumur Resapan Membahayahan Penguna Jalan, DPRD: Perencanaannya Buruk

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menegaskan pengkajian terkait perubahan ganjil genap selama libur Nataru harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian serta TNI.

"Tentu kami akan lakukan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan tiga pilar ada TNI ada Polri dan ada Pemprov DKI Jakarta terkait dengan persiapan pelaksanaan PPKM level 3 di masa natal dan tahun baru nanti," kata Syafrin di Balai Kota, Selasa (23/11).

Di sisi lain, pihaknya saat ini akan mengontrol kemacetan Jakarta melalui hadirnya command center.

"Tentu command center kami digunakan untuk memantau terkait dgn situasi dan kondisi lalu lintas di Jakarta dan keseluruhan. Kemudian di sana juga terkoneksi dengan CCTV. Begitu ada situasi dan kondisi yang perlu penanganan cepat di lapangan maka posko lintas akan menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk melakukan tindakan misalnya ada kepadatan bagaimana dilakukan rekayasa lalu lintas di lapangan. Tentu tetap berkordinasi dengan rekan-rekan dari kepolisian," jelas Syafrin. (OL-6)

BERITA TERKAIT