23 November 2021, 14:17 WIB

Sumur Resapan Membahayakan Penguna Jalan, DPRD: Perencanaannya Buruk


Hilda Julaika | Megapolitan

SUMUR-sumur resapan di Jakarta yang berfungsi untuk menangani genangan air mendapat sorotan dari pengguna jalan. Pasalnya, sumur resapan yang dibuat di badan jalan disebut membahayakan pengguna kendaraan. Tinggi permukaan sumur yang lebih rendah ketimbang tinggi jalan ini yang membuat khawatir pengguna jalan.

Hal ini juga disampaikan oleh Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak. Menurutnya perlu ada perbaikan tinggi permukaan sumur resapan yang ada di jalan sebelum membahayakan pengguna. Salah satunya sumur resapan yang ada di Jalan Durian, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Membuat sumur resapan lebih rendah dari jalan juga berbahaya, khususnya buat pengendara motor. Sebaiknya ini diperbaiki sebelum ada korban,” kata Gilbert kepada Media Indonesia, Selasa (23/11).

Baca juga: Jakarta dalam Belantara Kata

Lebih lanjut dijelaskan, ia melihat sumur resapan yang di buat di jalanan umum kurang mempunyai perencanaan yang baik. Hal ini bisa dilihat dari penempatan lokasi, perencanaan jumlah, hingga teknis di lapangan.

“Tidak ada standar yang sama kalau kita lihat pengerjaannya. Seakan hanya mengejar target jumlah karena sudah di akhir tahun anggaran sehingga proyek harus selesai,” ujarnya.

Menurutnya perlu ada panduan atau standar operasional prosedur (SOP) yang jelas. Agar pembangunan sumur resapan di seluruh titik di Jakarta bisa sesuai dan aman.

“Sebaiknya dilakukan evaluasi menyeluruh mengenai safety (keamanan) dan efektivitasnya,” tutupnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT