12 November 2021, 15:47 WIB

Staf Sudin Perpustakaan Jaksel Mendongeng untuk Anak-anak


mediaindonesia.com | Megapolitan

UPAYA pemasyarakatan minat baca kini semakin gencar dilakukan, baik oleh institusi pemerintah, pemerintah provinsi, komunitas taman bacaan masyarakat (TBM), dan juga para pegiat literasi secara pribadi.

Tujuan semua itu sama, menumbuhkan kebiasaan membaca masyarakat di tengah gempuran gawai.

Inilah yang dilakukan Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) yang yang terjun ke komunitas yakni ke TBM Bukit Duri Bercerita di kawasan Bukit Duri Tanjakan, Jakarta Selatan, Kamis (11/11).

Empat orang dari Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jaksel yaitu Ka Dodo, Ka Zaki, Ka Yogie, dan Ka Syarief.

Mereka berbagi membacakan cerita dari buku dan juga mendongeng kepada sekitar 10 anak-anak yang biasa belajar di TBM Bukit Duri Bercerita.

Anak-anak sangat antusias mendengar dan menjawab kuis yang diberikan kakak-kakak dari Perpustakaan Jakarta Selatan. Kegiatan ini menjadi selingan tersendiri bagi anak-anak dan  sangat menyenangkan.

Selain ke TBM Bukit Duri Bercerita, Dinas Perpustakaan Wilayah Jaksel telah melakukan kegiatan promosi minat baca ini di 10 titik di wilayah Jakarta Selatan dan ke 55 titik di wilayah DKI Jakarta 

Usai bercerita kepada anak-anak TBM, Ka Dodo mengatakan, kegiatan ini sangat positif untuk mempromosikan minat baca dan mengajak anak-anak senang membaca sejak dini, dimulai dengan mendengarkan cerita/dongeng yang dibawakan oleh petugas perpustakaan.

Kegiatan ini juga menginformasikan kepada masyarakat bahwa ruang publik sudah mulai terbuka bagi masyarakat tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut dilakukan pada triwulan pertama di tahun 2021 dan dilaksanakan di wilayah Jakarta Timur, triwulan II di Jakarta Utara, triwulan III di Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu, dan triwulan IV di Jakarta Pusat   dan Jakarta Selatan .

Sementara Pendiri TMB Bukit Duri Bercerita, Safrudiningsih mengatakan, kegiatan ini sangat menyenangkan karena anak-anak yang selama pandemi Covid-19 ini tidak dapat bertatap muka secara langsung. 

“Dengan hadirnya dongeng mendapatkan kebahagianan meskipun di TBM Bukit Duri Bercerita sudah dilakukan tapi setidaknya dengan hadirnya tamu dari Perpustakaan Jaksel untuk mendongeng dan memberikan hadiah bagi anak-anak yang aktif  menjadi kebahagiaan yang luar biasa," ujar Kak Ning Nong, sapaan akrab Safrudiningsih, pada keterangan pers, Jumat (12/11)

"Semoga kegiatan ini terus berlangsung dan lebih banyak lagi anak-anak yang dapat mendengarkan dongengnya atau tidak dibatasi,” tuture Kak Ning Nong. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT