10 November 2021, 13:24 WIB

Jakarta PPKM Level 1, Transjakarta Aktifkan Kembali Empat Rute


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

SEIRING mulai pulihnya kegiatan masyarakat dengan ditetapkan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya menjadi level 1 oleh Pemerintah, PT Transportasi Jakarta turut menyesuaikan layanan.

Dalam hal ini, Transjakarta mengoperasikan kembali beberapa rute yang sebelumnya sempat dilakukan penyesuaian guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 di sektor transportasi publik.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Angelina Betris menyampaikan, keempat layanan ini ialah Poris Plawad–Bundaran Senayan (T11), Universitas Indonesia–Lebak Bulus (D21), BSD–Jelambar (S11) dan Kaliadem–Kota (12A).

Adapun reaktivasi keempat layanan tersebut merupakan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menyediakan akses transportasi publik guna memudahkan mobilisasi masyarakat sehari-hari.

“Seiring ditetapkannya PPKM DKI Jakarta pada Level 1, maka keempat layanan ini kembali dioperasikan dan efektif melayani masyarakat mulai hari ini, Rabu, 10 November 2021,” ujar Betris di Jakarta.

Untuk layanan ini lanjut Betris, Transjakarta menyediakan sebanyak 35 unit armada yang siap melayani masyarakat di hari kerja pada jam-jam sibuk yakni pagi pukul 05.00– 0.00 WIB dan sore pukul 15.00–21.00 WIB. Sementara untuk Kaliadem–Kota (12A) akan melayani pelanggan setiap hari pada pukul 06.00–17.00 WIB.

"Kapasitas angkut kami sudah melayani 100%, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Dengan pengoperasian kembali empat rute ini diharapkan Betris, bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat akan kebutuhan akses transportasi yang tentunya aman dan nyaman digunakan. Sejalan dengan itu, Transjakarta juga akan membuka rute-rute lainya yang masih dalam penyesuaian secara bertahap.

“Transjakarta akan terus melakukan evaluasi dan memberikan layanan terbaik dan semaksimal mungkin kepada pelanggan. Kami akan berupaya konsisten dalam menyediakan layanan transportasi yang aman dan nyaman digunakan oleh masyarakat, khususnya di masa pendemi ini,” tutupnya.

Semua pelanggan diwajibkan untuk menunjukkan bukti telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada petugas baik melalui aplikasi PeduliLindungi, JAKI atau menggunakan dokumen sertifikat yang sudah dicetak atau secara digital melaluiponsel masing-masing sebelum memasuki gate halte, memakai masker, melakukan pengukuran suhu tubuh dan dilengkapi dengan ketersediaan hand sanitizer .

Hal tersebut guna memastikan kebersihan tangan selama berada di area Transjakarta. Semua armada bus juga dipastikan telah dibersihkan secara berkala menggunakan cairan disinfektan. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT