10 November 2021, 12:40 WIB

PA 212 Ingin Reuni, Pemprov DKI belum Izinkan Kegiatan Keramaian


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PERSAUDARAAN Alumni (PA) 212 kembali mengungkapkan keinginan mengadakan reuni pada tahun ini setelah tahun lalu gagal mengadakannya karena pandemi covid-19.

Meski Jakarta sudah turun ke level 1 PPKM, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan pihaknya belum memberikan izin terhadap segala bentuk kegiatan yang mengundang kerumunan banyak orang.

"Ya nanti. Kan sekarang ini masih PPKM sekalipun level 1. Kita semua berharap tidak ada kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan yang berpotensi terjadinya penyebaran covid," ungkap pria yang akrab disapa Ariza itu di Balai Kota, Selasa (9/11) malam.

Baca juga: Polisi Periksa 5 Saksi Terkait Ledakan di Rumah Orangtua Veronica Koman

Ariza menghargai keinginan beberapa kelompok yang ingin menggelar acara di Ibu Kota. Namun, ia meminta seluruh pihak memahami dan mengerti bahwa Jakarta masih dalam kondisi pandemi sehingga bentuk kegiatan yang mengundang kerumunan masih tidak diperbolehkan.

"Itu ya mohon pengertiannya semua kita masih di masa pandemi. Harapan kami tentu tidak ada kegiatan apapun yang dapat menimbulkan kerumunan dalam jumlah besar. Monasnya kan belum dibuka sampai sekarang," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PA 212 Syamsul Maarif mengatakan reuni sudah pasti digelar tahun ini. Pihaknya sedang mengurus izin keramaian ke pihak kepolisian. Sementara untuk waktu dan lokasi, pihaknya juga masih menunggu izin tersebut keluar.

PA 212 tercetus saat publik mengkritisi kasus penistaan agama oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada akhir 2016 silam. 

Saat persidangan berjalan, para warga yang mendukung agar Ahok dihukum pun melakukan tabligh akbar dan istigosah dengan menyebutnya 'Aksi Bela Islam' di kawasan Monumen Nasional pada 2 Desember 2016. 

Semenjak itulah para warga yang menyebut mereka sebagai bagian dari PA 212 selalu menggelar reuni di Monas setiap 2 Desember. (OL-1)

BERITA TERKAIT