06 November 2021, 10:34 WIB

Kota Bekasi Gelar Event Pariwisata Bekasi Culinary Festival


Rudi Kurniawansyah | Megapolitan

BERLOKASI di Main Lobby Lagoon Avenue Mall, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bekerjasama dengan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Bekasi menggelar event Bekasi Culinary Festival (BCF) 2021.

Kegiatan wisata daerah itu digelar selama 3 hari mulai 5 sampai dengan 7 November 2021 yang telah resmi dibuka pada Jumat (5/11) oleh Asisten Daerah Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan (ASDA II) Kota Bekasi Sudarsono.

"Tercantum dalam Calendar of Event Disparbud Provinsi Jawa Barat, BCF 2021 hadir sebagai persembahan spesial kepada masyarakat untuk meningkatkan potensi kepariwisataan Kota Bekasi," kata ASDA II Sudarsono, Sabtu (6/11).

Dijelaskannya, BCF 2021 bertujuan untuk memberikan ruang dan waktu bagi para pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Kota Bekasi.

“Kami, Pemerintah Kota Bekasi, memberikan ruang dan kesempatan bagi para pelaku EKRAF, terutama dalam bidang kuliner, untuk mempromosikan produk-produknya ke khalayak luas yang sekaligus dapat meningkatkan nilai jual potensi kepariwisataan di Kota Bekasi sehingga dapat membantu pemulihan ekonomi pelaku usaha EKRAF dan Pariwisata yang saat ini terdampak Pandemi Covid-19," jelasnya.

Ia mengungkapkan, dengan mengusung tema Beragam Makanan dan Seni Budaya dalam Acara Bekasi Culinary Festival untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BCF 2021 tidak hanya menyajikan berbagai booth kuliner yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung. Tetapi juga menyajikan pertunjukkan Seni Budaya.

Sekretaris Disparbud Kota Bekasi Deded Kusmayadi mengatakan pertunjukkan Seni Budaya disajikan untuk mengenalkan bahwa Kota Bekasi memiliki budaya yang beragam.

"Kota Bekasi memiliki ragam budaya yang sayang untuk tidak dikenalkan dan dipromosikan, maka melalui event BCF 2021," ujar Deded.

"Kami undang para pelaku Seni Budaya dari berbagai sanggar di Kota Bekasi yang ditampilkan pada pertunjukkan budaya Palang Pintu dan Tebas Tebu dari Sanggar Laskar Bekasi Betawi untuk menyambut tamu undangan, dan teatrikal Sejarah Pahlawan Kota Bekasi, K.H Noer Ali dari Sanggar Indra Kusuma, serta penampilan Angklung dari SMA NASA SCHOOL, sehingga diharapkan dapat menambahkan rasa cinta Seni Budaya kepada masyarakat Kota Bekasi," jelasnya.

Deded menambahkan semakin banyak yang melihat pertunjukkan Seni Budaya tersebut, dan semakin banyak yang mempromosikannya.

"Maka semakin menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Bekasi," ujarnya.

Bekasi Culinary Festival 2021 akan terus berlangsung sampai dengan Minggu (7/11) dan menampilkan berbagai pertunjukkan Seni Budaya yang berbeda-beda.

Selain itu terdapat booth kuliner yang disajikan beragam seperti makanan ringan atau snack, makanan khas betawi, jajanan pasar, serta minuman yang semuanya merupakan hasil produk EKRAF dari para pelaku usaha di Kota Bekasi.(RK/OL-09)

BERITA TERKAIT