03 November 2021, 19:41 WIB

Ratusan Mobil Ikut Uji Emisi di Kantor Wali Kota Jakbar


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

RATUSAN pengendara roda empat mendatangi kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (3/11). Para pengendara itu datang guna mengikuti uji emisi kendaraan.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Lingkungan Hidup Jakarta Barat Slamet Riyadi menuturkan adanya uji emisi gratis guna menyosialisasikan Pergub No. 66 Tahun 2020 tentang uji emisi kendaraan bermotor.

"Ini dilakukan secara gratis kepada masyarakat melakukan uji emisi," ujarnya di halaman depan kantor Wali Kota Jakbar, Rabu (3/11).

Baca juga: Tilang Uji Emisi Kendaraan 13 November, Polisi: Opsi Terakhir

Uji emisi gratis ini diperuntukkan untuk roda empat saja. Slamet menambahkan pihaknya tidak membatasi kuota mobil yang hendak melakukan uji emisi. Namun, jam pelayanan hanya dibuka pukul 8.00-14.00 WIB.

Terpantau sudah ada 200 kendaraan roda empat yang telah melakukan uji emisi di halaman depan kantor Wali Kota Jakbar. "Persyaratan bahwa nanti kendaraan masuk siapa saja bisa masuk untuk uji emisi, baik kendaraan dinas operasional ataupun kendaraan pribadi. Silakan warga untuk uji emisi ditempat ini," pungkasnya.

Adapun Kegiatan uji emisi secara gratis ini hanya dilakukan pada Rabu (3/11). Nantinya, warga yang akan uji emisi kendaraannya bisa mendatangi 61 titik bengkel atau perusahaan motor yang telah mendapatkan izin dari Sudin LH Jakbar.

Warga Ibu Kota juga bisa melihat daftar bengkel yang sudah mengantongi izin melalui aplikasi e-uji emisi milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dapat diunduh melalui PlayStore.

"Ada juga fitur-fitur yang digunakan disitu (e-uji emisi) apakah kendaraan kita sudah lulus uji emisi apa belum, tinggal masukan nomor pelatnya lalu disitu ada catatan lulus atau tidaknya," pungkasnya. (J-2)

BERITA TERKAIT