27 October 2021, 13:47 WIB

LTC Glodok Terapkan Energi Baru Terbarukan dengan Instalasi PLTS Atap


mediiandonesia.com | Megapolitan

INDONESIA sebagai negara yang terletak di khatulistiwa mempunyai sumber energi yang melimpah, meliputi sumber energi fosil maupun non-fosil.

Namun sampai saat ini sebagian besar energi yang dihasilkan dan digunakan berasal dari fosil yaitu sebesar 95% dari total bauran energi.

Energi Terbarukan merupakan salah satu sumber energi yang dapat memenuhi kebutuhan energi dan menyumbang kepada bauran energi nasional dan membantu usaha mitigasi dampak perubahan iklim global.

Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok yang merupakan bagian dari Agung Podomoro Group menjadi pusat perdagangan kebutuhan alat teknik, safety, elektrik & elektronik pertamadan terbesar di Jakarta yang menerapkan energi baru terbarukan dalam kegiatan operasionalnya melalui instalasi PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) Atap.

Sebanyak 880 panel fotovoltaik yang terpasang di atap gedung LTC Glodok mampu menghemat 508.511 kWh setiap tahunnya, hal ini semakin menegaskan komitmen perusahaan dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan dan berorientasi pada efisiensi sumber daya.

Pada keterangan pers, Rabu (27/10), Rubianto, Chief Engineering of LTC Glodok mengatakan, “Sebagai pusat perbelanjaan peralatan teknik, safety, elektrik & elektronikyang memiliki konsep one stop trading dan terbesar di Jakarta, kami akan terus melakukan pengembangan infrastruktur yang berkesinambungan untuk para pengunjung dan tenant."

"Dengan mengedepankan konsep eco-friendly melalui instalasi solar panel yang terpasang di atap gedung, kamimeyakini betapa pentingnya penerapan praktik environmental, social and governance (ESG) dalam kegiatan operasional,” jelas Rubianto.

Bekerja sama dengan Xurya Daya Indonesia sebagai mitra strategis dalam instalasi PLTS Atap tanpa biaya investasi.

 Pemanfaatan energi surya yang dilakukan oleh LTC Glodok sejak September 2021 ini juga semakin membuktikan bahwa bangunan komersial seperti pusat perdagangan juga dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon.

George Hadi Santoso, VP Marketing of Xurya Daya Indonesia menambahkan, “Tentu kami senang sekali dapat bekerjasama dengan LTC Glodok sebagai bagian dari Agung Podomoro Group dalam memperluas penggunaan energi terbarukan."

"Selain mampu menghemat penggunaan listrik, penggunaan PLTS Atap juga dapat meningkatkan property value, dan LTC Glodok sudah selangkah lebih maju dalam hal ini," jelasnya.

"Semoga pusat perbelanjaan lainnya dapat terinspirasi untuk mulai menggunakan energi terbarukan di dalam kegiatan operasionalnya,” tutur George.

Melalui pemasangan PLTS Atap ini, LTC Glodok setiap tahunnya turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sebesar 474.949 kg.

Jumlah CO2 tersebut setara dengan jumlah yang dihasilkan dari konsumsi 132.595  liter bensin atau setara menanam 5.959 pohon. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT