26 October 2021, 12:51 WIB

Bus Tabrakan, DPRD akan Panggil Dishub dan Dirut Trans-Jakarta


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KOMISI B DPRD DKI Jakarta berencana memanggil Dirut PT Trans-Jakarta dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta guna meminta klarifikasi terkait tabrakan dua armada bus Trans-Jakarta di Jl MT Haryono pada Senin (25/10).

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz mengatakan, rencananya, pemanggilan itu akan dilakukan besok. Kedua pihak yang diundang pun sudah terkonfirmasi hadir.

"Kita akan panggil dirut dan Dishub ya Rabu (27/10) pagi untuk klarifikasi masalah ini," kata Abdul Aziz saat dihubungi, Selasa (26/10).

Baca juga: Bus TransJakarta Tabrakan, Wagub DKI Minta Lebih Hati-hati

Ia mengungkapkan, segera setelah berita kecelakaan beredar, pihaknya langsung mengonfirmasi kejadian kepada Kadishub via Whatsapp. Namun, penjelasan terkait kecelakaan lewat aplikasi percakapan tersebut dinilainya belum cukup sehingga harus ada rapat tersendiri guna membahas hal tersebut.

Ia pun tidak mau buru-buru berkomentar terkait kecelakaan tersebut. Sebab, ia masih akan menunggu hasil investigasi penyebab kecelakaan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya.

"Ini penyelidikan sedang berlangsung oleh aparat penyebab kecelakaan ini apa, apakah human error, atau memang kesalahan sistem, atau mesin begitu ya. Kita sedang menunggu laporan dari investigasi ini untuk melihat kesalahan ini ada di mana. Kalau kita sudah tahu letak salahnya di mana baru kita bisa tahu dan berikan rekomendasi," pungkasnya.

Sebelumnya, bus Trans-Jakarta yang tengah berhenti di halte Cawang Ciliwung untuk menurunkan penumpang ditabrak dari belakang oleh bus Trans-Jakarta lainnya. 

Kedua bus tersebut diketahui dioperasikan oleh operator Bianglala. Kecelakaan itu menyebabkan dua orang tewas dan puluhan penumpang lainnya luka-luka. Kini, Polda Metro Jaya tengah menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. (OL-1)

BERITA TERKAIT