25 October 2021, 19:18 WIB

Inka Siap Perbaiki LRT Jabodebek yang Rusak Akibat Tabrakan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PT Inka (Persero) siap memperbaiki dua unit kereta LRT Jabodebek yang rusak karena mengalami tabrakan saat uji coba pada Senin (25/10) ini. 

Direktur Utama Inka Budi Noviantoro menjelaskan saat ini penyelidikan terkait penyebab insiden tabrakan masih dilakukan KNKT. "Kami masih menunggu hasil penyelidikan. Apabila sudah selesai, tentu kami akan tarik ke Madiun," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10).

Mengingat masih dalam proses uji coba, kereta LRT pun dalam keadaan kosong atau tidak ada penumpang. Hanya terdapat satu orang masinis yang didampingi satu orang ahli. Keduanya merupakan tenaga ahli dari Inka.

Baca juga: Dua Kereta LRT Tabrakan, Ini Kata Adhi Karya

Dalam kecelakaan tersebut, satu orang masinis dinyatakan mengalami luka ringan dan sudah dirawat di rumah sakit. Lebih lanjut, Budi menyebut pihaknya belum mengetahui secara detail jenis kerusakan dan perkiraan kerugian.

"Untuk lama perbaikan juga belum tahu. Nanti dicek. Ada tim dari Inka yang besok berangkat ke Jakarta," imbuh Budi.

Di sisi lain, pihaknya berupaya agar uji coba LRT Jabodebek dapat terus berlanjut. Menurut Budi, kerusakan hanya terjadi di satu jalur, sehingga uji coba masih bisa menggunakan jalur lain. Namun, pihaknya akan berkoordinasi terlebih dulu dengan KNKT untuk melanjutkan uji coba tersebut.(OL-11)

BERITA TERKAIT