15 October 2021, 14:31 WIB

Satpol PP DKI Siap Ikut Antisipasi Banjir Jakarta


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KEPALA Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta, Arifin menilai anggotanya siap mengantisipasi banjir di wilayah Jakarta Barat. Hal itu disampaikannya usai melihat langsung kesiapan personel Satpol PP dalam menghadapi banjir dalam apel di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Kamis (14/10).

"Yang saya lihat semua dihadirkan ditampilkan dan diperagakan. Alhamdulillah saya nilai ini sudah baik," tutur Arifin.

Menurutnya, Satpol PP Jakarta Barat telah siap. Siap personil serta peralatan penyelamatan yang mumpuni, meliputi tiga perahu sekoci yang dipamerkan, tenda besar untuk pengungsian, dapur umum, hingga mobil penyelamatan.

Ia juga mengapresiasi kesiapan mobile rescue yang berisi sejumlah alat penyelamatan seperti genset bertenaga 270 volt, pemotong tembok, pemotong besi, bor elektronik, multi cutting gun untuk memotong besi hingga hidrolik BA untuk mengangkat puing-puing bangunan.

Baca juga : Kasatpol PP DKI Jakarta: Laporkan bila Ada Anggota yang Arogan

Dalam kesempatan itu, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin, menegaskan bahwa keberadaan anggota satpol PP tak hanya menjalani bertugas melakukan penindakan dan penertiban, tapi juga memiliki andil dalam memberikan perlindungan masyarakat, termasuk dalam kondisi bencana.

"Perlindungan masyarakat itu lah kita harus bekali dengan sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan tugas," ujarnya.

Arifin meminta kepada seluruh anggota Satpol PP Jakarta Barat, baik tingkat kota, kecamatan dan kelurahan untuk melakukan evakuasi warga saat terjadi banjir. 

"Jadi kalau bicara jumlah anggota satpol PP lebih dari 5000 orang kalau ada bencana pada hari itu nah pada hari itu yang bekerja semua kita gerakkan," jelasnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT