13 October 2021, 20:20 WIB

BPN Tangsel Siapkan Terobosan Untuk Masyarakat Jurangmangu Barat


Syarief Oebaidillah | Megapolitan

KANTOR Pertanahan/BPN Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten menggelar Rapat Penyusunan Model Akses Reforma Agraria Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Jurangmangu Barat di Aula Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan, awal pekan ini. Rapat dipimpin Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangsel, Harison Mocodompis.

Harison menjelaskan reforma agraria sebagai bentuk hadirnya negara untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses sumber–sumber agraria berupa aset dan akses. "Aset Reforma berupa tanah melalui Program PTSL, Redistribusi Tanah, dan lain-lain serta akses reforma melalui fasilitasi masyarakat untuk mengakses sumber ekonomi melalui program pemberdayaan masyarakat," ujarnya, Rabu (13/11).

Ia menjelaskan tujuan utama Reforma Agraria antara lain agar tidak terjadi ketimpangan di masyarakat sehingga dapar tercipta keadilan sosial bagi rakyat dan masyarakat Indonesia. "Jadi, kami sebagai perwujudan dari negara hadir di tengah masyarakat Jurangmangu Barat” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan BPN Tangerang Syafrollah menjelaskan sebelum dilakukan Kegiatan Akses Reforma Agraria ini, Kelurahan Jurangmangu Barat sudah terlebih dahulu dilakukan penataan aset melalui PTSL 2017–2020. Adapun peserta Akses Reforma Agraria merupakan pengrajin konveksi yang sudah lama di Kelurahan Jurangmangu Barat.

Menurutnya, sebanyak 250 kepala keluarga telah disurvei serta dilakukan pemetaan sosial. Sehingga terpetakan yang menjadi kebutuhan dan harapan dari masyarakat pelaku usaha konveksi di Jurangmangu Barat.

"Semua tokoh masyarakat di Jurangmangu Barat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini dengan harapan agar usaha konveksi di Kelurahan Jurangmangu Barat kembali bergairah untuk mewujudkan Jurangmangu Barat sebagai Kawasan Wisata Konveksi" tambah Lurah Jurang Mangu Barat, Ma'mun. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT