10 October 2021, 09:40 WIB

Pembangunan Sumur Resapan Capai 27% di Wilayah DKI Jakarta


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pembangunan 40 ribu sumur resapan dangkal untuk mengurangi genangan di musim hujan. Dari total tersebut, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah berkontrak dengan kontraktor untuk membangun 22 ribu.

Dari jumlah tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengatakan, sudah ada 6.232 sumur resapan yang dibangun atau 27,95%.

"Dinas SDA ingin membuat tidak kurang dari 22.290an titik. Alhamdulillah sudah selesai 6.232 titik. Insya Allah tahun ini kita akan selesaikan 22.290," kata Ariza, Sabtu (9/10).

Ariza melanjutkan, sumur resapan efektif mengurangi genangan di wilayah yang cekung. "Ke depan kita akan terus tingkatkan program pengendalian banjir," ujarnya.

Di samping sumur resapan, program pengendalian banjir lainnya juga akan digiatkan yakni pengerukan lumpur dalam program gerebek lumpur.

"Gerebek lumpur juga akan dilakukan yang cukup efektif mengurangi titik-titik genangan banjir dan kita akan memaksimalkan pembangunan sumur resapan," terangnya.

Ariza menambahkan, sumur resapan tidak hanya berperan sebagai program mengurangi genangan tetapi juga membuat cadangan air tanah. Sebab, dengan sumur resapan, air hujan dialirkan langsung ke tanah. (Put/OL-09)

BERITA TERKAIT