09 October 2021, 16:10 WIB

Siaga Musim Hujan, Pemkot Jakpus Siapkan 200 Truk 


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

BERBAGAI persiapan terus dilakukan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat untuk menghadapi musim penghujan pada tahun ini. Salah satunya, menyiapkan ratusan unit armada pengangkut sampah yang terbawa genangan atau banjir.

Kepala Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Marsigit mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah pra dan pascabanjir.

Untuk langkah penanganan prabanjir, pihaknya memberlakukan piket 24 jam bagi petugas, khususnya untuk berjaga di setiap pintu air. Sedangkan terkait langkah pascabanjir, pihaknya menyiagakan 200 armada pengangkut sampah.

Baca juga: PDIP: Anies Jangan Takut Gusur Warga untuk Atasi Banjir

"Petugas UPK Badan Air selalu monitor pintu-pintu air. Bisa dikatakan, kita berjaga selama 24 jam. Saat ini, sampah di Pintu Air Manggarai masih normal, hanya sekitar puluhan ton. Namun, saat musim hujan bisa mencapai ratusan ton," jelas Marsigit, Sabtu (9/10).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa ratusan armada pengangkut sampah yang disiapkan mencakup truk ukuran kecil dan truk ukuran besar, berikut 300 personel. "Saat ini, kami fokus di beberapa titik rawan banjir. Seperti, Bendungan Hilir dan Karet Tengsin, yang di mana terdapat Kali Krukut," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan personel tambahan yang berasal dari Satpel Lingkungan Hidup dari masing-masing kecamatan di wilayah Jakarta Pusat.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT