08 October 2021, 20:43 WIB

Wagub Bantah Sulitnya Perizinan Formula E di Monas Karena Alasan Politis


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah adanya urusan politis dalam perizinan sirkuit Formula E di Monas.

“Gak ada, gak ada urusan politis, urusan Formula-E itu urusan olahraga,” papar Riza saat ditemui di Gedung Balai Kota, Jakarta, Jumat (8/10).

Riza menyebut Pemprov DKI mendukung penuh agar langit Jakarta biru tanpa polusi. “Kita mendukung pelbagai program elektrik,” terangnya.

Sebelumnya, Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai ada nuansa politik dalam tarik ulur keputusan Kementerian Sekretariat Negara saat melarang pelaksanaan Formula E di Monas yang diajukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswdan.

"Ada dimensi politik yang kental, awalnya gubernur mengajukan tapi dilarang, tapi setelah itu diizinkan," tutur Ujang.

Namun, pada akhirnya lokasi balapan Formula E hingga ini masih belum ada titik terang.

Baca juga: Wagub DKI Siapkan 5 Alternatif Sirkuit Formula E

Terkini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut pihak Jakpro hingga Dispora telah menyiapkan lima lokasi sirkuit alternatif balapan Formula E yang rencananya bakal digelar pada 2022.

Diketahui, Monas batal jadi lokasi tempat balapan Formula E sehingga pihak penyelenggara tengah mencari alternatif tempat lain.

Rencananya, lima alternatif sirkuit Formula E itu termasuk di Pulau Reklamasi dan kawasan Senayan.

Namun, Riza tidak menyebutkan nama lima tempat alternatif tersebut.

"Nanti kita tunggu ya sedang dikoordinasikan dari pihak Formula E nanti yang akan datang, untuk memastikan mana yang terbaik dari pilihan-pilihan alternatif yang ada," papar Riza, Jumat (8/10). (OL-4)

BERITA TERKAIT