07 October 2021, 20:05 WIB

Jadi Calon Sirkuit Formula E, Pulau Reklamasi Masih Diragukan Legalitasnya


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PULAU reklamasi yakni Pantai Kita dan Pantai Maju dicalonkan menjadi lokasi penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E. Sebelumnya, keberadaan pulau hasil reklamasi ini sempat ditolak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Namun, karena sudah hampir selesai, Anies pun memberikan lampu hijau agar reklamasi pulau itu diselesaikan. Kini terdapat tiga pulau yang dinamai Pantai Kita, Pantai Maju, dan Pantai Bersama yang sudah selesai dibangun dan sedang dalam tahap pengembangan kawasan. Bahkan Pantai Kita dan Pantai Maju kerap ramai menjadi lokasi rekreasi warga.

Baca juga: Anies Perintahkan Anak Buahnya Siaga Musim Hujan

Namun demikian, karena statusnya yang merupakan pulau hasil reklamasi, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengatakan, pihaknya akan meninjau terlebih dulu aspek legalitasnya untuk dijadikan lokasi sirkuit Formula E.

"Ya nanti pihak Formula E dan Jakpro nanti yang akan memastikan apakah tempat itu memungkinkan atau tidak dari segi legalitas, segi teknis, dan lain-lain," kata Ariza di Balai Kota, Kamis (7/10).

Menurut dia, kepastian hukum penting agar nantinya tidak terjadi penolakan atau konflik saat lokasi sudah ditetapkan. Hal ini sebelumnya terjadi pada rencana menjadikan Monas sebagai lokasi balap Formula E. Pemprov DKI menghadapi penolakan dari berbagai pihak termasuk pemerintah pusat karena Monas yang merupakan lokasi cagar budaya serta berada dekat dengan lokasi vital yakni Istana Negara.

"Jadi banyak faktor yang menjadi syarat bagi kemungkinan tempat tersebut. Tentu jadi perhatian kita soal tempat yang dimungkinkan secara legalitas dan aturan," ungkapnya.

Tidak kalah penting, aspek yang juga diperhitungkan adalah aspek protokol kesehatan. Sebab, balap mobil yang direncanakan dilakukan pada tahun depan itu masih dalam suasana pandemi covid-19. (Put)

BERITA TERKAIT