07 October 2021, 19:37 WIB

Anies Perintahkan Anak Buahnya Siaga Musim Hujan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan agar seluruh jajaran SKPD Pemprov DKI Jakarta untuk bersiaga menghadapi musim hujan. Plt Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan, gubernur tidak hanya menginstruksikan agar jajaran bersiaga bencana banjir tetapi juga musim hujan secara keseluruhan.

Hal itu disampaikan oleh Sabdo dalam rapat virtual persiapan apel gabungan siaga musim hujan Pemprov DKI, Kamis (7/10). "Rapat ini tentu bertujuan untuk menetapkan dukungan sarana prasarana apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan. Kenapa musim hujan? Karena musim hujan itu ada banjir, ada tanah longsor, ada puting beliung, dan lain-lain," ujar Sabdo.

Baca juga: Pemkot Jakarta Timur Bentuk Tim Saber Pungli di Tingkat Kecamatan

Ia menegaskan, dengan kesiapsiagaan yang dibangun sedini mungkin diharapkan bencana-bencana itu tidak sampai terjadi. "Namun kita tidak harapkan itu terjadi tapi dengan narasi yang dibangun oleh kita bersama siaga dalam hal ini jadi bagian yang tidak terpisahkan, jadi garda terdepan," tuturnya.

Di samping itu, apel kesiapsiagaan ini diharap menjadi dasar kerja sama bagi seluruh pihak di DKI Jakarta baik itu pemerintah, swasta, hingga mahasiswa yang memiliki kepedulian tinggi untuk bersama menjaga warga Jakarta dari ancaman bencana.

"Hadir dari TNI, Polri, SKPD, relawan, dan juga media karena pada prinsipnya bencana ini jadi tanggung jawab kita semua. Kolaborasi akhirnya kata kunci sehingga kita jadi bagian dari sebuah kebencanaan itu," ungkapnya.

Apel kesiapsiagaan menghadapi bencana rencananya akan dihadiri oleh lebih dari 1.400 orang di Monumen Nasional pada 13 Oktober mendatang. Protokol kesehatan ketat tetap akan dilakukan oleh Pemprov DKI dalam apel ini. (J-2)

BERITA TERKAIT