07 October 2021, 19:29 WIB

Pemkot Jakarta Timur Bentuk Tim Saber Pungli di Tingkat Kecamatan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PEMERINTAH Kota Jakarta Timur terus melakukan pencegahan terjadinya pungutan liar (pungli). Keseriusan itu dibahas dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Jakarta Bebas Pungli di Posko Saber Pungli, Lantai 7 Blok A Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (6/10) yang dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Timur, Eka Darmawan.

Eka mengatakan, hasil rapat Jakarta Bebas Pungli (pungutan liar) ini menghasilkan kesepakatan dalam pembentukan Tim Saber (sapu bersih) pungli yang diketatkan pada tiap Kecamatan Jakarta Timur.

“Kita lakukan pengetatan dan pencegahan di tiap Kecamatan. Setidaknya, keberadaan Tim Saber Pungli di tingkat Kecamatan ini dapat menekan celah yang dapat terjadinya pungutan liar,” katanya, Kamis (7/10).

Baca juga: Di Tengah Pandemi, DPRD-Pemprov DKI Gelar Rapat Bahas Anggaran di Puncak

Menurutnya, Tim Saber Pungli di tingkat Kecamatan nantinya dapat memaksimalkan sosialisasi terhadap kelompok kerja di wilayah masing-masing, sehingga, dapat mengetahui seluk beluk atau celah dalam mengantisipasi terjadinya pungutan liar pada berbagai layanan kemasyarakatan.

Hal senada dikatakan Kepala Inspektorat Kota Jakarta Timur, Supendi, yang menyampaikan terdapat lima bidang yang harus dipenuhi Jakarta Bebas dari pungli. Kelima bidang itu melingkupi SDM (Sumber Daya Manusia), operasional, sarana dan prasarana, penganggaran, serta inovasi dan kreasi.

“Di sini, kita inginkan peran dari Tim Saber Pungli di tingkat Kelurahan dan Kecamatan dalam melakukan berbagai inovasi meminimalisir pencegahan pungutan liar khususnya dalam pelayanan di tingkat RT/RW dan kelurahan,” tandasnya. (J-2)

BERITA TERKAIT