07 October 2021, 15:29 WIB

Anies Resmikan Pembangunan Kampung Susun Cakung


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pencanangan pembangunan Kampung Susun Tumbuh Cakung di Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur. 

Adapun pembangunan hunian vertikal ini akan memiliki konsep yang mirip dengan Kampung Susun Akuarium di Jakarta Utara. Hunian ini diperuntukkan bagi 75 KK warga eks Bukit Duri yang mengalami penggusuran akibat normalisasi Kali Ciliwung pada 2016 lalu. 

Pembangunan Kampung Susun Cakung menelan anggaran hingga Rp61 miliar, yang bersumber dari kewajiban pengembang. "Tempat ini akan memfasilitasi 75 KK. Mereka semula tinggal di Bukit Duri dan menjadi korban penggusuran pada 2016," ujar Anies, Kamis (7/10). 

Baca juga: PDIP: Anies Jangan Takut Gusur Warga untuk Atasi Banjir

"Lima tahun mereka menanti. Alhamdulillah prosesnya memang panjang, karena harus semuanya tertib administrasi. Memastikan bahwa semua dijalankan dengan benar dengan baik," imbuhnya.

Menurut Anies, warga juga dilibatkan dalam merancang pembangunan kampung. Dengan begitu, kampung tersebut benar-benar memenuhi dan merepresentasikan warga. Pada area bawah kampung, akan disediakan ruang untuk berusaha. 

Sementara di lantai dua, akan menjadi tempat tinggal warga. Konsep yang mirip dengan rumah panggung ini juga bertujuan mencegah barang warga terendam banjir.

Baca juga: 600 WNA Pencari Suaka di Jabodetabek Ikut Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

"Kita ingin kehidupan masyarakat yang dekat satu sama lain. Walaupun secara bangunan fisik berbentuk rumah susun. Satu konsep bangunan yang memungkinkan kampung yang dekat satu sama lain tapi rukun," ungkap Anies.

"Lalu, bangunan yang memungkinkan mereka produktif di rumah. Rancangannya ada mezanin, memungkinkan mereka bekerja dari rumah. Ini pengalaman dari pandemi covid-19. Rumah susun hampir semua tidak dirancang tidak produktif, tapi istirahat," sambungnya.

Pemprov DKI berharap area hunian ini sudah bisa dihuni warga Ibu Kota pada Maret 2022.(OL-11)

BERITA TERKAIT