07 October 2021, 15:25 WIB

Kampung Susun Tumbuh Cakung akan Dikelola Warga


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pencanangan pembangunan Kampung Susun Tumbuh Cakung yang nantinya akan dihuni oleh warga eks Kelurahan Bukit Duri yang sebelumnya digusur dari bantaran Kali Ciliwung untuk normalisasi.

Anies mengungkapkan, sama halnya dengan Kampung Susun Akuarium, kampung susun itu akan dikelola oleh warga. Sehingga, warga akan mempunyai rasa memiliki dan dapat merawat dengan baik kampung tersebut. Rumah vertikal lima lantai itu akan berdiri di atas lahan seluas 29.000 meter persegi bagi 75 KK.

Pengelolaan oleh warga, menurut dia, memiliki manfaat lebih yakni sesama warga dapat mengawasi kepemilikan dan pemeliharaan hunian. Hal ini juga dapat mencegah kepemilikan hunian berpindah tangan kepada warga yang tidak berhak.

"Dalam semua pengelolaan hunian itu harus ada satu aturan yang jelas, kesepakatan dengan masyarakat dan kita pengalaman kemarin di pengelolaan oleh warga penghuni. Jadi dikelolanya bukan oleh kami di DKI tapi dengan warga penghuni. Jadi insyaAllah pengelolaan akan seperti itu. Paling mudah dikelola sendiri bukan oleh pemerintah," ujarnya di Jatinegara, Kamis (7/10).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko mengatakan kampung susun itu dibangun dengan dana Rp61 miliar yang berasal dari kewajiban pengembang.

Baca juga: Anies Resmikan Kampung Susun Akuarium

Dipastikan di lahan tersebut juga akan tersedia ruang terbuka hijau yang bakal menjadi kawasan resapan air.

"Area resapan ini dihadirkan untuk menjaga resapan air tanah sehingga menjadi alternatif sumber air bersih dan juga dapat difungsikan untuk meminimalisir timbulnya banjir di lingkungan pemukiman sekitar," tutur Sarjoko.

Ia juga menambahkan, bangunan kampung susun bagi warga Bukit Duri ini terdiri dari 5 lantai yang terdiri dari 75 unit hunian beserta sarana prasarana pendukung seperti ruang serba guna, ruang koperasi, ruang musala, ruang pelayanan kesehatan, taman kanak-kanak, dan taman. Ditargetkan pembangunan kampung susun ini selesai pada Maret tahun depan.(OL-5)

BERITA TERKAIT