06 October 2021, 17:35 WIB

Batal Digelar di Monas, Formula E Cari Lokasi Ikonik Lain di Jakarta 


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PERHELATAN balap mobil listrik internasional Formula E batal digelar di Monas. Managing Director Formula E, Gunung Kartiko, memastikan hal tersebut saat ditemui usai rapat kerja dengan DPRD DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. 

"Untuk venue yang jelas bukan di Monas. Itu clue-nya," kata Gunung, Rabu (6/10). 

Gunung menjelaskan batalnya penggunaan kawasan Monas untuk Formula E terkait alasan sulitnya mendapatkan izin dari pemerintah pusat. 

"Karena Monas kayaknya agak berat dari sisi perizinan. Jadi kita cari lokasi ikon Jakarta yang memang menunjukkan Jakarta," ungkapnya. 

Baca juga : Profesor: Beberapa Lokasi Jakarta Bakal Tenggelam di 2050

Gunung mengatakan sudah ada lima lokasi yang menjadi kandidat lokasi sirkuit Formula E. Namun, ia tak mau merinci lokasi-lokasi tersebut. 

Tim Formula E Operation (FEO) selaku panitia akan melakukan survei ke lima lokasi itu untuk menetapkan satu lokasi final penyelenggaraan Formula E yang ditargetkan dilaksanakan pada Juni 2022 itu. 

"Nanti November FEO akan datang. Itu sudah pasti," imbuhnya. 

Di sisi lain, ia memastikan pihaknya tak akan menggunakan sirkuit Sentul, Jawa Barat. Sebab, ciri khas balap Formula E adalah menggunakan lokasi-lokasi ikonik di tengah kota. Hal ini bertujuan untuk mengampanyekan energi ramah lingkungan sebagai bahan bakar kendaraan. (OL-7)

BERITA TERKAIT