30 September 2021, 22:29 WIB

Pemprov DKI Bantah Bayar Rp2,3 Triliun Untuk Gelar Formula E 


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah pengeluaran yang dilakukan oleh Pemprov DKI sebesar Rp2,3 triliun untuk commitment fee sebagai tuan rumah gelaran Formula E. 

Ariza, sapaan akrabnya, mengungkapkan dana itu dikeluarkan Jakarta untuk penyelenggaraan selama tiga musim adalah sebesar Rp560 miliar. 

"Kan informasinya sampai Rp2,3 triliun. Itu kan tidak betul, tidak pernah kita membayar commitment fee (segitu). Yang benar adalah Rp560 miliar," jelasnya di Balai Kota, Kamis (30/9). 

Setelah tiga musim, Pemprov DKI berharap pendanaan Formula E di dua musim selanjutnya akan mengandalkan ', creative financing' melalui kerja sama dengan swasta. 

Baca juga : Pemprov Klaim Dana Formula E dari Sponsor, PDIP: Hanya Angan-Angan

"Selain itu, diharapkan ke depan pembiayaan tidak lagi dengan APBD, diharapkan ke depan dengan dana publik, sponsor, partisipasi masyarakat," ungkapnya. 

Informasi tersebut sudah dipaparkan oleh Pemprov DKI melalui infografis yang diunggah ke situs resmi PPID DKI. 

"Informasi yang disampaikan PPID itu bentuk informasi supaya tidak simpang siur beritanya, pertanggungjawabannya siapa yang menyampaikan jelas di situ ya. Kalau tidak diluruskan diklarifikasi nanti masyarakat jadi bingung. Jadi ini tugas kita bersama untuk memberikan informasi yang baik dan benar, jangan sampai jadi hoaks nanti," tukasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT