30 September 2021, 20:31 WIB

Anies Buka Toraja and Beyond Tourism Week 2021 di Stasiun MRT Bundaran HI 


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUNA membangkitkan pariwisata di masa pandemi Covid-19, pemerintah baik pusat maupun daerah terus berkolaborasi menyeimbangkan penanganan pandemi dengan menggerakkan roda perekonomian melalui sektor pariwisata. 

Salah satunya menyelengarakan kegiatan Toraja and Beyond Tourism Week 2021 yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta, Kamis (30/9). 

Anies menjelaskan, dampak pandemi yang memberikan kontraksi luar biasa pada sektor pariwisata karena terbatasnya interaksi langsung dan mobilitas masyarakat. Maka dari itu, Pemprov DKI Jakarta amat mengapresiasi masyarakat Toraja di Jakarta, MRT Jakarta, dan jajaran Pemprov DKI Jakarta atas inisiasi kegiatan Toraja and Beyond Tourism Week 2021 yang menjadi wahana meningkatkan pariwisata bagi pasar domestik (di Jakarta) maupun warga dunia di Jakarta. 

“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat Toraja di Jakarta yang menyelenggarakan kegiatan ini dengan difasilitasi MRT. Kami berharap variasi (acara) seperti ini muncul lebih banyak, sehingga bukan hanya memperkenalkan budaya daerah lain kepada masyarakat Jakarta, tetapi juga masyarakat internasional yang ada di sini,” ungkap Anies. 

Baca juga : Pemprov Klaim Dana Formula E dari Sponsor, PDIP: Hanya Angan-Angan

Toraja and Beyond Tourism Week 2021 yang dihadiri para Duta Besar juga menjadi ajang untuk membuka kerja sama diplomatik antara Pemerintah Indonesia dengan negara lain, sekaligus semakin membumikan MRT Jakarta sebagai transportasi umum massal yang efisien, terjangkau, dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat. 

“Saya berharap acara ini dapat menjadi salah satu bentuk kerja sama diplomatik antara Pemerintah Indonesia dengan negara lain, khususnya di Jakarta sebagai melting pot. Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak semua komunitas internasional untuk menggunakan MRT Jakarta dan ruang publik lainnya di sekitar kota ini dalam menampilkan acara budaya nasional,” tambahnya. 

Selanjutnya kehadiran Toraja and Beyond Tourism Week 2021 juga akan membuka kesempatan bagi Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) untuk tampil dan memperkenalkan produknya, khususnya produk-produk dari daerah Toraja. Sehingga secara tidak langsung juga akan menggerakkan perekonomian pelaku UMKM khas Toraja di Jakarta. 

“Di sini (Toraja and Beyond Tourism Week 2021) akan didisplay produk hasil kebudayaan, mulai kuliner hingga kerajinan seni yang hampir semua dihasilkan oleh UMKM, ini menjadi kesempatan bagi UMKM untuk menampilkan produknya mengembangkan jaringan pasarnya, karena yang melihat maupun membeli produk ini bukan hanya warga negara Indonesia tetapi juga warga negara asing,” tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT