27 September 2021, 21:15 WIB

Cegah Banjir, Pemkot Jakpus Grebek Lumpur Kali Sentiong 


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

WAKIL Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, meminta kegiatan pencegahan banjir terus dikebut seiring dengan datangnya musim hujan. Salah satu kegiatan tersebut adalah kegiatan gerebek lumpur dengan mengeruk Kali Sentiong di wilayah Kecamatan Johar Baru. 

Pengerukan Kali Sentiong menggunakan alat berat milik Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat. Program pengerukan Kali Sentiong ini membelah tiga kelurahan yaitu, Kelurahan Tanah Tinggi, Kelurahan Kampung Rawa, dan Kelurahan Johar Baru. 

"Gerebek lumpur Kali Sentiong saat ini sudah sampai ujung Jalan Kramat Pulo, RW 10 Kelurahan Tanah Tinggi dan RW 01 Kelurahan Johar Baru. Gerebek lumpur itu sendiri sudah dilaksanakan sejak Oktober 2020 tahun, dimulai dari Jembatan Galur," kata Irwandi, Senin (27/9). 

Baca juga : Kawasan Pecinan Glodok Akan Ditata Jadi Lokasi Wisata Sejarah

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) SDA Kecamatan Johar Baru, Rudi, menambahkan, pengerukan saluran Kali Sentiong dilaksanakan sejak Oktober 2020, dengan total panjangnya mencapai 1,5 km, yang sudah dikerjakan sampai saat ini sepanjang 1,2 km, dan lumpur yang dikeruk 21.000 meter kubik. 

"Setiap hari pihaknya menerjunkan 20 personil Satgas SDA dibantu alat berat ekskavator ampibi ukuran besar dua unit, ekskavator kecil satu unit, dan 15 dump truck," tambahnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT